Nafas NMP Kerasa Pendek? Ganti Gir Depan Ajah!

Ente-ente yang kebetulan punya ato pernah mencoba New Megapro, ngerasa ga kalau nafas mesin motor streetfighter ini pendek-pendek banget? Emang sih, tarikan awalnya mantep dan enak buat diajak turing di jalan menanjak. Tapi kalo buat di perkotaan mah, kaki keburu capek karena terlalu sering gonta-ganti gigi akibat nafas mesinnya pendek banget.

Nah, gue sempet cari cara gimana manjangin nafas mesin sang NMP kesayangan. Setelah seminggu, Ane pun dapet jawabannya dari beberapa forum dan blog motor yang nyebutin penggantian mata gir. Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya gue meminang gir depan 15 mata keluaran TK (aslinya buat CBR 150 baru) dan rantai baru merk DID tipe 428H. Kenapa gue beli rantai lagi? Biar performa lebih nampol aja, dan rantai lama pun bisa disimpen kalo2 pengen dipake lagi :D


Liat kan, tinggal PnP ajah :D Owh, btw tentang harganya sebagai berikut:
1. Gear depan 15mata TK: Rp. 60rb
2. Rantai DID 128-428H: Rp. 120rb
3. Ongkos pasang: Rp. 25rb

Setelah terpasang, Ane langsung test dah tuh. Hasilnya positif, nafas mesin di tiap giginya makin kerasa panjang. Kalo pake ilustrasi perbandingan kecepatan yg didapet tiap 8000rpm, gampangnya kayak gini aja:

Standar (14-42) Rasio gear 3,00 VS Modified (15-42) Rasio gear 2,80 (Edited, thanks to Bro Andrew)
1st: 27kph VS 34kph
2nd: 40kph VS 50kph
3rd: 68kph VS 73kph
4th: 84kph VS 95kph
5th: 100kph VS 110kph

Nah, ngomongin top speed standar (118kph) udah bisa didapet pas masuk 8800rpm. Potensi penambahan top speednya masih ada sekitar 1000rpm lagi sampai mencapai batas limiter 10rb rpm. Lumayan kan tuh, tinggal mainin jeroan power aja (ganti cdi, knalpot freeflow, koil, busi, setting pj-mj karbu, dst) siapa tau bisa dapet 125kph di angka 10rb rpm :D

About these ads

81 thoughts on “Nafas NMP Kerasa Pendek? Ganti Gir Depan Ajah!

  1. Mas mau nanya bukannya klo gir depan atau belakang gede putaran torsi jadi tambah gede dan nafas tambah pendek ya ? Setahu saya lho… Thx U

    • Hampir bener Bro. Cara kerja gir motor itu ga beda ama gir sepeda. Besar gir depan dan blakang itu berbanding terbalik. Semakin besar gir depan / semakin kecil gir blakang, nafasnya makin panjang. Bgitu juga sebaliknya.

      • Oh Begitu baru tau ane, sekalian nanya neh Mas Bos, NMP ane udah pake CDI BRT, Knalpot Jethot a.k.a alias knalpot Freeflow, eh larinya mentok 100 Kpj, tp klo untuk tarikan enak sponty alias spontan banget, itu masalahnya dimana ya ? Setingankah, atau gearnya yang baru kita bahas itu, Trs yang kedua rencana mau pakai Koil Tirev tp kata org mending pakai Koil Scorpio yang bagus yang mana ya Mas Bos, Nah ini yang ketiga bisa nggak ya pakai Noken as Tiger 2006, Terima Tengkyu Masbro….

      • Kesimpulannya klo merubah gir rasio. Semakin besar nilai yang dihasilkan dari perbandingan final gir akan berdampak pada peningkatan akselerasi (tarikan motor menjadi ringan)tapi mengorbankan top speed contoh gear rasio NMP diganti 15-46 (3,07). Sebaliknya, semakin kecil hasil perbandingan final gear maka semakin meningkatkan top speed namun akan menurunkan akselerasi motor contoh 15-42 (2,8). Agan mo pilih yang mana ? trims

      • Kalo ane saranin pake koil supra fit lawas, tenagangya lebih responsif

  2. Widih, jeroan mesin Ente malah lebih manteb dari Ane yg cuma ngandelin koil Tirev, XCS, n’ TDK Power :)
    Koil Tirev aja udah bagus koq, lumayan brasa di tarikan bawah. Mau aplikasi koil Scorpio jg boleh. Malah kta temen ane yg udah pake, tarikannya lebih manteb dari tirev.

    Tapi aneh, koq cuma mentok 100 kph ya? Settingan PJ/MJ karbu ama CDI-nya udah bener blom tuh? Padahal NMP standar rata2 bisa 115 kph loh.

    Sebelum isu yg diatas diperbincangkan, kesampingkan dlu ganti gir Bro…

    Oh iya, yg trakhir tentang noken as tiger, Ane kurang tau juga. Mohon maap utk yg satu ini yah :p

    • Iya Mas Bos itu ane ganti2 yang prinsip simpel buat nambah power, sesuai saran para Master Suhu Otomatika kan limiter, pengapian, sama pembuangan, Kalau PJ/MJ sudah diset sesuai karakter knalpot, nah CDI ini yang ane gak tau settingnya, Busi sudah beli yang platinum tp blm dipasang hehehehe… belum sempet, Ok dah ane coba beli Koil scorpio tinggal PnP kan ya Mas Bos ? Thx U saran2nya Ya Mas Bos….

      • PNP pastinya…
        Oke deh, Bro. Good luck sama motornya ye :)
        Jgn lupa klo masalah lari motornya udh kelar, ganti gir aja langsung. Bisa aplikasi gir punya cbr 150 15-44

  3. Boleh di coba nih bro, ganti gear depan mata 15, tapi selama dah ganti ada minus gak bro?? mohon infonya, tq,
    misal tanpa ganti rantai, secara nmp ane baru km 3000.

    • Hmm…minusnya mungkin akselerasi lebih berat klo lagi boncengin orang. Tapi selain itu ga ada kekurangan lagi koq. Justru Ane ngrasa power motor ama akselerasinya jadi berimbang, nafas mtor ga cpet abis dan ngurangin capek karna terlalu sering ganti gigi.

      Klo ane saranin pke rantai baru aja, Bro. Coz rantai baru itu masih aman buat dipotong-potong, ga kyk yg udah nempel di gir :p

      • wah ternyata susah bgt bro nyari tuh gear, di sekitar jogja, dapet yang punya GL, 15T, tapi ternyata gak pas lubang tengahnya, huft… ada di dealer ahass harus inden, hargane 89rb. ..
        untuk koil gemana mas bro?? apakah sudah ganti pake punya tirev..

  4. wah, betul om duarazor.. di yogya gak ada yang 15T. seperti om drajat, gw juga beli yang 15T milik GL, eh, gak cocok.. payah deh… apa boleh minta tolong dibelikan trus dikirim ke yogya om? mungkin jika om drajat setuju, bisa sekalian 2 untuk gw n om drajat. gimana om drajat?? NMP gw belum ada 2000km nih..
    om drajat, pls respond.. hp gw 0819 0379 6729.

    • gak jadi pesen om dhuarazor.. hehe.. tadi sore gw jalan-2, ternyata gir depan lobang tengahnya sama dengan GL Pro neotech. aslinya neotech sih memang 14, tapi variasinya ada yang mata 15. dan ternyata banyak toko yang jual. sayangnya kualitasnya kurang bagus, tidak seperti aslinya.

      • Merk girnya apa, Bro?
        Klo ane sih dapetnya merk TK. Tadinya pengen ngambil SSS, tapi barang lagi kosong…
        Kualitas sih lumayan bagus lah, ampe skrg blom ada gejala rantai gampang kendor :)

      • merk lupa om… ada sih, tapi wadahnya sudah gw buang, dan girnya sudah ketutup. :) sebenernya agak ilfil liat kualitasnya, tapi kata penjualnya banyak yang pake juga, terutama yang modif2 gitu. ngimpinya dapat gir yang hampir sama dengan aslinya kualitasnya, mahal dikit gak papa. lha ini harga cuma 18rb. mungkin ntar kalo nyaman2 saja, mau inden yang punya CBR saja deh biar lebih paten.

      • Ada mas bro, Merek TK yg 16 mata dan 17 mata di pollaris kebon jeruk III jakarta, saya pake gir depan 17 mata utk cb 100 k5

      • betul mas toro, ane juga dapet punya neo tech, gear variasi, malah ane dapet dengan harga yang agak sangat meragukan, cuma 10rb, huft, di pasar klitikan mas bro, karena penasaran banget mau coba bedanya, terpaksa deh ane pasang, walaupun secara kwalitas sangat meragukan…
        bener banget seh nafas jadi panjang, tapi ane coba cuma sekitar 1 minggu, copot lagi pake yang standar dulu, sambil cari yang punya cbr aja.. hehe

  5. bro, motor gua cb. tapi dalemannya megapro racik tiger. nah gir depan sih pake aspira buat megapro ukuran 14. nah kalo mau pake mata 15 nya itu cocok atau gak lubangnya?

      • ganti pakai punya cb150 street fire aja bro std nya 15t …sama persis lubangnya… coba cari di suma ato diler resmi honda aja…gak tau dah ready apa belum partnya

      • Bro, iti galah tuh gear rasio NMP 15-46 ? masa beda ma aslinya sih 14-42 tuh…hadeh laen kali klo share pake fakta donk bro. Aslimya NMP klo pake gear depan 15 mata, rasionya jd 15-42 (2,8) tolong di edit dah jgn sampe keliru. trims

  6. ane depan pkk 14 trus blakang gue rombak pkk gir 38 karbu pkk ninja ori dalemanya karbu pkk gL…mantep udah….sejajar sama 200 cc larinya…

    • Salam kenal mas”bro
      Ane mau tnya nich,motor ane megapro,ban uda ana rombak velg champ jari 2,5 ban 100-70-17 depan 3,5 120-70-17 corsa cuma tarikan pasti ada prubhan berat tarikan.
      Ane pernah baca kalu mau bkin tarikan jadi enteng,naikin mata ger dri sntdar(14/46) jadi 14/48. Tau kalu susah cri mata 48 bisa bkin(13/46)cara itu bner g y bro??
      Kalu mata depan pake punya tiger/revo bisa g ya,di megapro ane??
      ane pernah tnya mata 48 carinya susuah bnget bro,kira”ada cara&solusi laen g y??bkin trikan jdi enteng stelah gnti velg&ban??
      Mksih jwbanya bro
      Slam kenal

      • Salam kenal juga, Masbro.

        Buat alternatif ningkatin akselerasi, bisa aja ngakalin bagian pengapian sama kopling. Tapi kalo Masbro ga mau ngerubah di ke-2 sisi tsb, mau ga mau cari gir depan khusus megapro. Untuk megapro, bisa cari gir merk TK 13 mata buat cbr 150 ato megapro. Kisaran harga jakarta 60rb. Sayangnya, gir tiger ga cocok buat megapro.

    • Minerva R150 standar gearnya pake 15 buat depan, 38 buat belakang. Kisaran harganya ga jauh beda ama ORI Megapro, 230-250rb’an sepaket ama rantainya #CMIIW

  7. kalo gear belakang cari yang lebih kecil pake punya apa ya?
    soale baru selesai dibore up pake piston ukuran 64 larinya kayak minta presneling lage

  8. q mau tanya gan….. NMP q kalau gigi 3 ke atas…enak banget tarikane. tp gigi 1 dan 2 nafas sangat pendek…baru 7000 rpm ja udah gak kuat. kira2 kenapa ya gan? setingan masih standar gak drubah apa2.
    apa ganti gear depan bisa mengatasi itu ya?

    • Setelah 7000rpm udah ga kuat naik lagi? Kayaknya sih setting mesin masih kurang oke, Bro. Coba setel lagi kerenggangan klep, setting angin, bersihin karbu, sama pake oli yg bagusan.

      Kalo jurus Ane sih, pake koil Tirev. Tarikan bawah ampe atas jadi lebih berisi. Setelah itu, baru ganti gear depan biar napas mesin lebih rileks (ga pendek2 kayak dulu).

  9. Alhamdulillah NMP standar tingting ane bisa mentok di 122 kena limit, cuma main nalpot bikinan tetangga
    spek.
    velg chemco belakang 3,5 / 120/80 Depan 2,5 100/70
    Oli pake shell Helix
    nalpot bikinan tonggo dewe
    mesin standar AHM
    karbu Standar Ahm
    maklum gak suka otak atik mesin biar awet hehehe
    ada box tiap hari ada isinya sekitar 5 kilo

    • Wah gila NMP Bro sekalian kok kenceng2, NMP ane mendem banget, knalpot sudah jethot, CDI BRT, Gear depan udah ganti 15, mesin sudah diset juga, eh cm mentok cm 110 Kpj itu aja udah ngos2an kira2 salah dimananya ya ?

  10. anee punya megy 2005 paling mentok 105 kpj.. gear depan 14, belakang 46..
    lemot amat…
    klo ganti gear belakang punya NMP (42) cocok gak mas?? n kira2 dapat brpa top speednya?

      • Owh…maap2…Ane kurang nangkep :p
        Tapi sebelum bisa ganti gear belakang, coba di-riset dulu motornya. Apa tarikan awalnya masih galak? Apa di gigi 5 putaran mesin masih bisa tembus limiter standar?

        Kalo iya, berarti Meggy ente masih bisa ganti gir blakangnya dgn yg lebih kecil. Top speed, mungkin bisa naik 3-5kph aja. But again…turun gir dari 46 ke 42 mata itu terlalu besar dan beresiko membuat tarikan awal meggy ente sangat lemot.

  11. halo semuanya, salamkenal,,,
    mau nanya ni, ane punya NMP 2011 pengen di buat larinya biar kencang g5na caranya Y ?
    saya sudah pake cdi brt power band dual band, trus kenalpot racing r9, tapi kok masih belum maksimal larinya,,, apa gara” pake karbu standar / busi standar ya?.
    PJ+MJ nya pake punya motor apa yang langsung pnp ya, dan yang terakhir kalau pake busi iridium pake yang type’nya berapa,
    trimakasih mohon pencerahannya bagi yang sudah mempunyai pengalaman lebih,

    • PJ+MJ nya pake punya motor apa yang langsung pnp untuk nmp, soalnya nyari yang after market hampir gak ada yang cocok untuk nmp x_x
      please pencerahannya, tengkiyu

      • Ane sendiri blom pernah ganti2 PJ+MJ, Bro. Maklum…settingan ane yg biasa aja masih bisa buat tembus 121kph, n’ no problem ampe skrg.

        Denger2 sih bisa pake PJ+MJ buat Tiger. Tapi coba browsing2 lagi, takutnya Ane salah :p

  12. bos sorry nih ane mau tanya kalau nmp.gnti cdi ma karbu racing bklan ngrusak mesin gk bos.?terimakasih

  13. salam kenal semuanya :D. hmm nmp ane juga gitu tuh lemott. ud ganti cdi shindigen (bener ga ya tulisannya :P) punya shogun kebo + Busi Iridium + Koil Tirev (uda di ground strap), olie pakai motul 10w40, ban depan 100/70/17, belakang 120/70/17 (mentok rantai+spakbor atas padahal shock da di ganti antingnya). knalpot sudah ganti pula dengan free flow merk R2 (mirip R9). tarikan awal sih mantap tp untuk top speed cuma 105kmh, salah dimana ya?
    bisa kasih tau bengkel yang bagus untuk servis/setting karbu di sekitar cengkareng/bojong/kosambi atau daerah lain skitar jak pus+bar+utara? terima kasih

    • Bengkel banyumas di dekat mesjid astra sunter jak ut, tapi jika mau nyari gir depan Ada mas bro, Merek TK yg 16 mata dan 17 mata di pollaris kebon jeruk III jakarta, sharga 35RB. Saya pake gir depan 17 mata utk cb 100 k5

  14. Bro, apa top speed & akselerasi NMP ane bertambah atau malah berkurang kalo gear depan & belakangnya diganti sama gear set CBR150 (15/44) atau GL pro Neo Tech (15/45)? Mhn info & masukannya bro. Tks.

    • Kalo pake gearset GLpro neotech (15/45), top speed n aksel bakal sama aja karena rasionya tetep 3.
      Jadi mending ambil gearset CBR150 aja, klo bisa sih yg baru (15/43) biar lebih joss….

  15. wew, lumayan signifikan ye mas bro :)

    btw mau tanya nih, ane mau ganti gear set pake merek sinn*b. apakah tetap bisa di modif jumlah mata rantainya? soalnya agak risih dengan gir ori yang berisik

    dengan penambahan mata rantai depan, apakah pengaruh sama akselerasi motor? soalnya setahu ane kalo panjangin napas dengan settingan rantai itu mengorbankan akselerasi (CMIIW)

    sekalian minta saran nih, ane mau dongkrak performa (akselerasi dan top speed) NMP ane, tapi gak mau bore up dan ganti knalpot. ada saran gak mas bro?? budget antara 500rb-1jt

    tararengkiu dan salam kenal ya mas bro dhuarazor :)

    • Klo rantai berisik sih relatif, Bro. Maksudnya ga selalu terjadi di semua motor kalo perawatannya bener. Klo ane sih, tiap sminggu skali stelah nyuci motor, rantai slalu disemprot chain lube dan sbulan skali bersihin gir depan-blakang pke carb cleaner ampe kinclong lagi. Dijamin rantai dan gir awet & ga brisik deh :D

      Naikin gir depan memang bener nurunin aksel. Makanya, ane aplikasiin koil tirev, per kopling tirev, XCS, dan 9power biar aksel kebantu dan top speed pun ikut nambah dikit. Smua itu ga sampe ngabisin 500rb koq. Trus buat ban jg ga gede2 amat, depan 90/80 & blakang 110/80 biar aksel ga ikut turun.

      • waduh, thanks berat infonya mas bro. jadi nambah pengetahuan nih :D

        selama ini ane gak pernah pake chain lube, paling oli doang pas tiap ganti oli bulanan,,hehehehe

        btw tadi siang udah beli gear set merek sinn*b, dan ternyata gear depannya udah 15 mata, jadi gak perlu beli gear depan lagi :D

        belom sempet analisis detail karena sepanjang perjalanan macet (maklum jakarta,,hehehe). tapi nafas beneran nambah kira2 5-10km/h

        oh iya lupa, ada satu pertanyaan lagi nih (jadi gak enak kebanyakan nanya,xixi)

        karburator ane kayaknya ada masalah. dengan setelan gas normal gak bisa langsam, mati2 terus. kalo gas dinaekin dikit, pas abis geber rpm lama banget turunnye. udah gitu mesin jadi berisik banget.

        udah bawa ke ahass, solusi dari mereka ganti karburator. karena katanya pentulan choke nya gak ada dan jebol (ane jg gak paham maksudnye, tapi emang motor ane tuas choke nya gak berfungsi semenjak beli) FYI, ane beli tuh motor second :D. ane minta akalin, doi kasih opsi pasang pentulan choke, tapi mereka gak berani janji masalah akan 100% selesai.

        oh iya, skep, rantai keteng + tonjokannye udah ane ganti sebelumnya, tapi gak ngaruh karena mesin tetep berisik.

        setelah ane pikir2 lebih aman emang ganti karbu, tapi harganya itu loh, 1,35jt.

        yang ane pengen tanyain, adakah karburator yang lebih murah tapi kualitas gak kalah sama ori? apa keihin pe28 cocok buat di NMP??

        jujur ane gak terlalu masalah kalo bensin jadi agak boros, yang penting suara motor alus dan larinya ngacir :D

        udah dulu ye curhatnye, ditunggu jawabannya mas bro, tararengkiu banyak :D

      • Memang sih, perawatan rantai yg sering dilupain ama kbanyakan biker. Padahal rantai dan gir itu penting bgt buat transfer tenaga dari mesin ke roda. Klo transfer tenaga lancar, motor pun ngacir :D

        Utk masalah karbu, dulu ane juga pernah kena masalah yg gejalanya mirip2 kayak ente. Tapi sisi baiknya, choke masih berfungsi normal. Pernah motor susah langsam dan pas jalan knalpot nembak2 mulu. Ternyata posisi kabel choke di karbu berubah (yg harusnya ngadep ke depan mlah ngadep ke blakang). Tinggal pindahin posisi kabel ke depan lagi, masalah beres deh :p Kayaknya memang masalah utamanya ada di choke tuh. Coba aja setting2 lagi, moga2 karbunya sembuh :)

        Mesinnya seberapa berisik sih, Bro? Bukannya mesin NMP brisik udah wajar ya, soalnya oli NMP encer (10W-30 ato 10W-40).

  16. Mas bro mohon info motor cb 150 r ane mau ganti ban depan 100/80 17 dan belakang 130/80 17 dgn ke dua duanya menggunkan velg standart , apakah harus ganti gear agar top speed dan akselarasi sama ? Mohon penyegarannya mas , terima kasih .

  17. Mhn pencerahany om nmp ukrn ban dpn 90/80 blkg 120/70 velg standar pk wingrek pgn g lemot ptrn bwhny gear ukrn brp yh???

  18. NMP ane standar, waktu ngetes di jalan soekarno hatta bandung jam 5 pagi dapat Top Speed 125 Kpj. gmn jdny klw dah di ganti cdi, gear dan knalpot freeflow ya??

    • Nih rantai DID aslinya 128 mata. Potong 2 mata jadi 126. Cuma Ane saranin potong 1-2 mata lagi, jadi pas dipasang, rantai masih bisa di-setel kekencengannya.

      • ass,,,, slam kenal
        om ane mo tnny ne, ane pny megy taon 2002, ane pake gear 38 pny GL 100 tarikanny awal berat banget, apa terlalu kecil yach gear 38 wat megy, apa haruz maen kompresi jg ??
        ane nyari gear depan 15 buat megy “2002” gda yg cocok susah amat yaa,
        coba om klo ada info kabarin ……..

        thankz

        wss…

      • Waah…Kalo Megapro jadul Ane kurang ngerti Bro. Soalnya kendala part2 yang emang udah beda ama Megapro yang sekarang.

    • msalah.y megy “2002” ane top’seed.y cm nyampe 110 doank, ane mo tambah, mang klo part2 yg cocok wat megy ane agak susah ya om????

      thanks!..

  19. Nmp standar ane mentok 125km/jam kondisi standar, cuma ban belakang pake ukuran 130/70. Dulu sewaktu pake 120/70 cuma mentok 122km/jam (@spidometer nmp dg ban depan 90/90).
    Lari segitu di spidometer nmp termasuk kenceng, motor lain yg sama2 150cc pun kesulitan mengejar. Kecuali adu drag ya, dg ban termasuk ukuran besar, akselerasinya jadi ga segalak ban standarnya.

  20. pagi om….gabung dong om….ane sayang banget ama nmp merah ane…cuman make busi cpr9 ngk..oli mpx1..bbm y premium aja topspeed mentok 118 kpj…pengin nambah topspeed GMN Y…udah mesen yg sss depan 14 mata dan blakang 41 mata…kira2 gmn om…tks om…

    • Met gabung, Bro :)
      Buat nambahin topspeed, gear blakang coba cari yg 40 mata deh biar berasa beda topspeed-nya. Sama oli coba ganti yg bagusan, minimal SPX1 10w-30 ato Motul Ester 10w-40 lebih bagus lagi.

  21. Bro, ijin join dan nanya.. Kl cbr 150 fi di pakai gear set SSS 14/48 rantai gr428sb, apakah menaikkan top speed atau menaikkan akselerasi? Mohon pencerahannya. Thx

Tinggalkan Pesan Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s