Suzuki GSX-R150, Meet My New Partner!

GSX_31

Sedikit nostalgia aja sebelum saya me-review motor ini…

Suzuki GSX-R150 pertama kali diperkenalkan pada acara IMOS di tahun 2016 yang lalu, bersamaan dengan saudara alter-egonya, GSX-S150. Dengan tidak sabar, saya memutuskan untuk datang ke acara pameran tersebut di hari pertama. Saya pikir karena masih hari kerja, pameran tidak akan penuh-penuh banget. Too bad I miscalculated it! Pameran tetep aja rame puoll. Yah, berhubung sudah keburu datang, mending saya nikmatin aja deh pamerannya.

Satu-satunya niat saya untuk datang ke IMOS 2016 hanyalah untuk melihat motor ini. Dan setelah melihat langsung, fix saya langsung jatuh hati dengan desain dan build quality motor ini. Ditambah dengan iming-iming harganya waktu itu yang tidak sampai 29 juta, makin memantapkan niat saya untuk mengganti Old Cibi yang sudah menemani saya selama 3 tahun.

cb_150_1

Old Cibi ini sendiri adalah cinta pertama saya dengan motor bermesin DOHC. Biarpun banyak yang bilang Old Cibi adalah produk nanggung, saya tidak banyak menemui masalah dengan Old Cibi. Malah bisa dikatakan sangat reliable, biarpun memang saya akui build quality Old Cibi tidak bagus-bagus amat. Tapi pembuktian tetaplah bukti, Old Cibi sudah membawa saya ke Bandung pulang-pergi tanpa ada masalah apapun. Paling hanya power mesin yang sedikit drop karena masih memakai oli Shell Advance Ultra yang sudah berumur 1600km.

GSX_36

Jadi kenapa saya mengganti Old Cibi dengan GSX-R150? Jawabannya sesimpel fitur motor ini yang ga banyak kosmetik atau fitur-fitur mubadzir lainnya. Sometimes simplicity can defeat complexity, dan Suzuki berhasil melakukannya dengan mini GSX ini. Simple, yet powerful. Simple, yet beautiful.

Kayaknya kita mulai dari dashboard aja ya, karena daerah inilah yang akan sering dilihat ketika riding. Impesinya sih, dashboard-nya rapih karena kabel-kabelnya disusun sedemikian rupa agar tidak mengganggu pandangan ke digital speedometer-nya. Lalu fitur-fitur speedo-nya juga 99% pasti terpakai untuk riding harian, seperti :

  • Jam
  • Trip A/B
  • Fuel Consumption A/B
  • RPM meter
  • Speed indicator
  • Fuel Indicator
  • FI check
  • Lampu Gear Shift (bisa disetel manual)
  • Gear position
  • Odometer
  • Turn Light kanan dan kiri
  • Overheat Warning Light

Teknologi LED pada motor ini hanya disematkan pada lampu senja, lampu plat nomor belakang, dan lampu utamanya saja. Sisanya masih bohlam, seperti lampu sein dan lampu stop. Kekuatan cahaya lampu utamanya juga lumayan memuaskan. Sinar jatuh lampu dekat dan jauhnya sudah pas dan terang berwarna putih. Tapi di saat hujan di malam hari sajalah, lampu LED ini menjadi tidak berguna jika mata kita sedang tidak awas.

GSX_46GSX_47

Satu fitur yang paling menonjol dari GSX-R150 adalah Keyless-nya. Jadi kita hanya perlu menaruh remote di kantong jaket, pastikan remote dalam posisi On, dan Keyless pada motor bisa kita fungsikan. Ada 4 posisi kunci keyless-nya , yaitu lock, off, acc, dan ignition. Jika kita ingin mengisi bensin, posisikan knob keyless pada posisi acc (tanda titik), lalu cabut dan disitulah terdapat kunci untuk membuka tangki bensin dan jok belakang. Ngomong-ngomong soal tangki bensin, nih motor punya tangki yang tebal loh. Coba aja diketok-ketok, ga kedengeran kayak suara kaleng kosong. Solid abis!

GSX_39

Untuk daerah kaki-kaki GSX 150, swing arm masih pakai kotak, suspensi depan masih teleskopik, dan suspensi belakang sudah monoshock yang dilengkapi dengan link. Jika bahasa keren dari merk sebelah, biasa disebut pro-link, unitrak, atau monocross. Saya tidak tahu disebut apa kalau di Suzuki, jadi jika ada pembaca ada yang tahu mohon sebutkan di kolom komen yah…!

GSX_42

Knalpot standarnya memiliki dua lubang. Hasil output suaranya termasuk ngebass dan terkesan bertenaga. Jika mesin sedang berkitir tinggi, suaranya makin melengking dan enak terdengar di telinga. Minusnya, dimensi knalpot terlalu besar dan tidak dilengkapi protektor sehingga rawan baret seperti gambar di atas.

GSX_24

Hal spesial kedua setelah Keyless, yaitu rantai motor ini yang sudah memakai tipe O-Ring. Baru kali ini saya menemukan motor dibawah 200cc yang sudah memakai rantai O-Ring dari standar pabrik. Jadi soal daya tahan rantai, saya berani bilang GSX-150 akan menjadi pionir di kelasnya.

GSX_51

Di beberapa titik pada bodi motor ada coakan-coakan kecil yang dipercaya untuk mencegah air menggumpal saat sedang dicuci. Dan ternyata saat saya praktekkan memang benar, detail coakan ini benar-benar berfungsi seperti yang saya duga.

GSX_18

Sama seperti saudara singsetnya, Satria FUFI, GSX-150 dilengkapi dengan pendingin air dengan dimensi radiator yang super gede. Sepertinya pelindung radiator wajib untuk dipasang karena seperti yang terlihat pada gambar, cipratan dari ban depan sangat mudah mengotori radiator. Tapi tak masalah selama sang empunya rajin mencuci motornya.

Catet yah, ini baru sekedar review awal saja karena saya berencana akan membuat 2 part lanjutan dari postingan ini, yaitu review riding harian dan review oli standar pabriknya. Dan karena saya sudah riding dengan total 2rb km bersama GSX-R150 ini, you can expect more about this sportbike…!

Sampai jumpa di postingan selanjutnya 🙂

Advertisements

Review Helm LS2 Arrow EVO, I’m Speechless!

IMG_20170326_075047

Halo semua…

Pada postingan terbaru kali ini, saya akan me-review sebuah helm kelas MotoGP dengan faktor value-for-money yang bisa dibilang terbaik di kelasnya. Bagi yang ingat, sebelum ini saya sudah kenyang me-review helm sport-touring Zeus Z1600 Carbon yang super enteng, super nyaman, dan super murah untuk sebuah helm yang memiliki shell carbon fiber. Namun karena polosan, helm tersebut jadi terlihat kurang photogenic dan terkesan biasa saja. Sampai akhirnya, Zeus Carbon saya jual dan menggantinya dengan LS2 Arrow EVO yang saya pakai sekarang. Simak deh nih review lengkapnya!

IMG_20170311_160620

Buat yang belum tahu, brand LS2 berasal dari negara kelahiran para pembalap-pembalap top di MotoGP dan negara asal Repsol Team, yaitu Spanyol. Yes, now you know it comes from Spain. Dan tipe Arrow EVO merupakan kasta tertinggi dari LS2. Arrow EVO sendiri dibagi menjadi 2 jenis bahan shell, yaitu HPFC (High Performance Fiber Composite) dan full Carbon Fiber. Sebagai bukti standarisasi keselamatan, helm ini sudah mengantongi sertifikat ECE 22.05 dan SHARP 4 bintang. That’s it, ga ada sertifikat SNI, DOT, JIS, SNELL dan sejenisnya. Namun biarpun begitu, helm ini sudah lolos uji untuk digunakan di ajang balap MotoGP, dengan daftar nama pembalap Yonny Hernandez (udah pindah ke Suomy di tahun 2017), Isaac Vinales, Hector Barbera, dan Loris Baz. Desainer grafis helm LS2 juga tidak setengah-setengah dengan mengandalkan Starline, yang menurut saya desainer grafis helm terbaik untuk saat ini.

img_0304

Oke, terus apa aja sih yang kita dapat ketika membeli full-set? Nah, dari out-of-the-box, kita udah dapet helm, tas, dan kaca pinlock 70 untuk Arrow EVO. Ga ada yang namanya buku manual, karena tinggal download aja via web resmi LS2.

IMG_20170316_174711

Aksesoris tambahan helm LS2 Arrow EVO ini juga lumayan lengkap, ada visor light smoke, smoke, dark smoke, iridium silver, iridium blue, dan iridium gold. Serta lapisan TO untuk melindungi visor helm dari goresan. Oh iya, visornya sudah FLAT looh…

This slideshow requires JavaScript.

In my opinion, tampilan luar helm ini unik, keren, dan mengintimidasi. Desain grafis milik Yonny Hernandez 2015 ini juga makin meningkatkan tingkat kegantengan helm. Jika dilihat dari depan, visornya terlihat sangat lebar untuk memaksimalkan penglihatan ketika riding. Lalu bentuk air vent depannya juga sangat iconic, terdapat 4 lubang dengan fungsi berbeda. 2 vent atas untuk mengalirkan udara ke visor, sedangkan 2 vent bawah untuk mengalirkan udara ke muka sang rider. Lalu ada juga 2 vent di bagian atas shell untuk mengalirkan udara ke kepala dan dikeluarkan menuju lubang exhaust di bagian belakang.

This slideshow requires JavaScript.

Nah, sekarang kita pindah ke bagian interior helm. Dimulai dari tali helm yang sudah DD ring, lalu Emergency Cheek Pad Release untuk digunakan ketika darurat rider mengalami kecelakaan, dan patch mata kucing di bagian belakang untuk meningkatkan visibilitas di malam hari. Busa helm terasa empuk dan firm, serta memiliki lapisan luar yang somehow terasa  sejuk di kepala. Yang paling saya suka dari helm ini adalah fitting-nya yang long oval, cocok untuk kalian yang memiliki bentuk muka yang kurus. Untuk note tambahan, helm ini lebih sempit dari ukuran-ukuran helm pada umumnya. Jadi kudu naik 1 tingkat. Misalkan kalian terbiasa memakai M, maka di LS2 Arrow ini kalian harus memakai L. Do you understand? Ok, good…

Impresi ketika dibawa riding-nya bagaimana?

Pertama kali mencoba helm ini memang terasa sangat sempit. Tapi ketika kepala sudah masuk ke helm, busa-busanya mengekap lingkar kepala bagian atas, belakang, dan pipi dengan baik & nyaman. Lirik kiri, kanan, atas, bawah juga terasa luas berkat visornya yang memang sangat lebar untuk melihat ke segala arah. Posisi chin curtain dan breath deflector-nya juga terasa pas. Berikut beberapa impresi plus dan minus yang saya rasakan selama memakai helm ini ketika riding :

+ Helm tidak terasa ada gejala godek sama sekali.
+ Helm lumayan kedap suara, tapi tidak kedap suara angin ketika riding di kecepatan tinggi.
+ Aerodinamika helm ini sudah bagus, tapi menurut saya tidak sebagus itu.
+ Knob untuk membuka air vent mudah digunakan, namun terkesan stand-out karena terlalu menonjol keluar.
+ Baru beberapa kali digunakan sudah ada jahitan busa dalam yang lepas, tapi untungnya tidak mengganggu.
+ Helm ini enak untuk posisi tuck-in, namun kurang nyaman untuk posisi riding tegak.
+ Untuk pengguna kacamata jangan khawatir, di helm ini masih bisa masuk. Namun karena busa pipinya yang terasa sempit, alhasil gagang kacamata bisa membuat daerah kuping menjadi sakit setelah riding lebih dari 1,5 jam.

So, does it worth to buy?

Yah, terlepas dari sektor finishing yang masih ada kekurangan, saya pribadi sangat menyukai LS2 Arrow EVO ini. Bayangin aja, helm kelas MotoGP mana lagi yang berani dijual brand new cuma dengan harga 2,7 jutaan. Harga segini cuma bisa disaingi sama X-Lite X802R dengan status New Old Stock (stok lama tapi masih baru) yang tetap saja masih dihargai lebih mahal. Fitur-fitur helm standar balap seperti tali DD ring, flat visor dengan TOP, dan Pinlock juga sudah ada di helm ini.

Oke, cukup sekian review helm kali ini. Next time, saya akan kembali me-review 2 helm yang kemungkinan akan saya beli untuk koleksi, yaitu KYT R10 dan Airoh Valor. Khusus untuk Airoh Valor, helm ini akan available di awal Juli 2017. Jadi bagi yang penasaran akan helm value terbaru dari Airoh ini, stay tuned on my blog 🙂

Review Helm Zeus Z1600 Carbon Dual Visor, Asli Enteng Banget!

Hallo all…

Kembali lagi di Review Helm. Kali ini yang akan jadi bahan review adalah sebuah helm full-face dual-visor yang menurut saya sangat istimewa dari out-of-the-box. Masih produk dari Vietnam, inilah dia….Zeus Z1600 Carbon !

dsc_0722

Well, I don’t know where to start. Awalnya saya tak pernah kepikiran untuk membeli helm ini, namun kesempatan itupun datang. Masih ingat dengan Nolan N64 Checa Black yang dulu pernah saya review? Yap, helm itu tanpa sengaja saya buat baret akibat jatuh bego dari jok motor. Helm-nya aja loh ya, saya mah ngga. Tapi tetep aja malu sih karna sempet diliatin orang gara-gara insiden helm jatuh. Dan yah…hasilnya helm jadi ada luka di bagian visor dan di sisi kiri. Sebulan kemudian, akhirnya saya memutuskan untuk menjualnya dengan harga butuh. Setelah helm berstatus SOLD, saya iseng jalan-jalan ke Juragan Helm Serpong untuk sekedar mencari penggantinya N64. Waktu itu sempet ingin meminang HJC RPHA11. Tapi berhubung budget belum memungkinkan, saya memalingkan mata ke helm lain. Dan ga lama, saya langsung terpikat dengan bodi Zeus Z1600 Carbon yang terlihat aerodinamis.

Langsung deh saya minta izin penjaga tokonya untuk fitting yang ukuran M. Dan impresi pertama ketika memegang helm ini, It’s really light! Enteng banget coy! Saya pikir Nolan N64 udah enteng banget, lah ini lebih enteng lagi. Ketika dicoba di kepala, busanya terasa nyaman, tebal, dan mengekap pipi dengan baik. Tidak terasa ada hot spot di sekitar kepala, yang menandakan fitting helm ini cocok untuk kepala saya. Untuk memasukkan kacamata pun tidak masalah, karena Zeus Z1600 sudah eyeglass ready. Naik-turun visor utama dan visor gelapnya pun lancar dan terasa solid. Semua ventilasinya pun demikian.

Sedikit kendala pada helm ini ada di bagian DD ring-nya. Karena DD ring berbentuk persegi dan bukannya bulat seperti N64, klip talinya suka nyangkut di ring ketika ingin melepas simpul tali. Ada kalanya terasa sulit hanya untuk membebaskan tali dari DD ring karena masalah ini.

dsc_0731

Salah satu fitur unik dari helm ini berada di bagian chin guard. Chin guard pada helm ini terdiri dari dua lapis. Nah, lapis keduanya dapat kita setting sendiri sesuai kemauan kita.

Lastly, Finishing. Sepertinya Zeus ga pandang bulu soal finishing helm-nya. Zeus Z806 yang dihargai 550rb pun memiliki finishing yang terbilang amat baik dibanding helm-helm lain sekelasnya. Di Z1600 Carbon yang dihargai 2.8 juta, finishing-nya pun lebih baik lagi dan mungkin sudah mendekati helm-helm branded mahal lainnya.

Kesimpulan akhir, helm ini sangat worth-to-buy. Dengan harga 2.8 juta, saya sudah mendapat semua yang saya mau dari sebuah helm. Double-visor, carbon fiber shell yang super-enteng, desain aerodinamis, DD ring, dan padding nyaman. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya share mengenai review helm ini, karena tanpa sadar saya semakin sering memakai helm ini untuk riding pulang-balik ngantor. Otomatis, bahan review makin banyak dong. Oke deh, sampai jumpa di Part 2 dari review Zeus Z1600 Carbon !

30rb KM Bersama Honda Old CB150R. Gimana Impresinya?

cb_150_2

Hallo all…
Kali ini saya akan iseng me-review motor kesayangan yang bulan ini telah menginjak kilometer ke-30.000 lebih dikit. Ga kerasa udah hampir 3 tahun motor ini telah menemani semua aktifitas saya dari sejak masa kuliah sampai sekarang. Saya inget semenjak motor ini turun dari diler, motor ini udah ada aja yang ilang part bodinya. Padahal udah ketempel jelas-jelas di bodi motor kalau motor ini sudah menjalani pre-delivery check. Sepertinya orang yang kedapetan ngecek motor saya entah lagi ngantuk atau kurang teliti. Tapi syukurlah, kekurangan part bodi bisa cepat terselesaikan dan motor siap dibawa turun ke jalan (dengan catatan tinggal menunggu plat nomor dan STNK dulu).

cb_150_3

Inreyen si CB150 pun jauh dari kata motorsiawi. Odometer belum ada 500km, saya udah bawa geber sampai 120kph dengan rpm menyentuh angka 10rb. Ya mau gimana, hati ini sudah penasaran dengan sensasi mesin DOHC turunan old CBR150. Tapi karna memang judulnya mesin masih inreyen, saya pun sadar oli kudu cepet diganti. Jadilah setelah 500km, saya langsung ke AHASS langganan untuk servis kali pertama dan ganti oli SPX1. Selesai servis, mesin kerasa lebih alus tanpa klotok-klotok.

Ngomongin klotok-klotok, mungkin saya cukup beruntung karena mendapat unit yang sehat. Namun sayang, justru masalah lainnya muncul. Pertama, per gearshift patah di KM5500. Kedua, klaher roda depan-belakang cepet oblak di KM9800. Asumsi saya sih, kualitas perakitan di kedua sektor itu masih ada kekurangan. Buktinya setelah mengganti baru part-part yang rusak tersebut, 20rb KM kemudian ga pernah ada masalah lagi. Mungkin hanya komstir yang terasa sedikit oblak sampai sekarang. Tapi penyakit komstir oblak di CB150 setidaknya masih mendingan dibanding NMP saya yang dulu, karena tidak terlalu mengganggu handling.

Untuk modifikasi perdana, saya pernah memasangkan klakson disk Denso agar suara klaksonnya makin kece. Well…sayangnya ga ada setahun saya terpaksa melepasnya dan kembali ke klakson original karena masalah kabel. Sudah pernah ada niat untuk mengganti kabel, tapi apadaya saya yang udah keburu mager. Hahaha…

cb_150_5

Kemudian, saya beralih untuk memodifikasi kaki-kaki agar handling motor makin nurut. Dimulai dengan mengganti ban depan ukuran 90/80 dan belakang ukuran 120/70. Setelah itu, saya juga memasang under-cowl milik Byson dan gearset SSS rasio 14/44. Ditambah juga filter udara keluaran Ferrox dan aki Motobatt 5A. Menurut saya, modifikasi ini sudah cukup untuk mengakomodir gaya riding saya. Feedback motor semakin baik dan riding quality-nya juga meningkat.

Saat ini, saya memakai ban depan FDR Blaze ukuran 90/80 dan ban belakang Pirelli Angel CT ukuran 120/70. Dibanding duet Mizzle Roadrunner dan IRC Exato, kedua ban ini sudah sangat bagus untuk meningkatkan grip di atas aspal kering dan basah.

cb_150_8

Dan terakhir, busi. Percaya atau tidak, saya pernah menjajal busi iridium keluaran NGK bertipe CPR9EAIX-9. Namun sayangnya, saya tidak puas dengan busi tersebut. Memang respon mesin menjadi lebih baik dari busi standar, tapi busi ini bermasalah ketika riding di suhu udara dingin. Istilahnya apa tuh…Brebet! Nah itu…jadilah saya turun kasta dan kembali ke busi platinum NGK CPR9EAGP-9. Feeling-nya berada di antara busi standar dan iridium, namun tanpa masalah brebet lagi.

Overall saya puas dengan Honda Old CB150R. Hanya dengan sedikit ubahan, riding quality motor ini menjadi lumayan meningkat. Memang sih, ada satu-dua-tiga penyakit kronis. But hey…no big deal! Anggep aja itu poin-poin unik yang dimiliki motor ini.

Review IMOS 2016 dan Ngepoin Gearset Suzuki GSX-R150 / S150, pengennya….

gsx-150

Maap ya Mba, mukanya ga sengaja kepotong. Hehe…

Hallo All…

Udah ngepoin ajang IMOS 2016 di Jakarta Convention Centre belom nih? Saya sih udah, ampe 2 kali malah. Hahaha, niat banget ya diri ini. Namanya juga hobi, ada pameran langsung dah semangat. Kalo perlu, dateng ga cukup sekali kalau rasa penasaran belum terlampiaskan.

Oke, seperti yang kalian udah tahu kalau tahun ini hampir semua pabrikan motor di Indonesia sukses meluncurkan produk-produk barunya. Dan kalau ditanya pabrikan mana yang memiliki attack point tertinggi ?

img_20161105_113139

Oke, Honda CBR250RR memang fenomenal. But wait…

img_20161105_114300

Yamaha juga ga kalah fenomenal dengan varian big scooter-nya. Tapi bentar…

img_20161105_115230

Suzuki…Finally made a serious move! With Powaaa….!

Oke, jadi pabrikan mana yang paling fenomenal?

Yess…It is Suzuki, dengan 2 produk barunya yang berlabel GSX-R150 dan GSX-S150. Akhirnya setelah sekian lama, Suzuki berani (nekat) terjun ke kelas Sport 150cc, kelas paling berdarah di negeri kita yang tercinta ini. Kelas yang memiliki FB (fansboy) dari segala kalangan, segala usia, dan segala merk, siap angkat senjata untuk membela merk maupun produk andalannya masing-masing. Kelas yang wajib memiliki kelebihan di semua aspek performa seperti power, torsi, berat kosong, jenis suspensi, jenis rangka, lebar ban, lampu, speedometer, desain, daya tahan, sparepart, bengkel aftersales, harga jual, bensin, kompresi, you name it. Serius…ga akan ada habisnya jika sudah membahas kelas Sport 150cc.

Jadi, Suzuki. Apa yang membuatmu pede untuk mulai masuk ke medan perang terberat di Indonesia?

Well, sudah bukan rahasia lagi kalau Suzuki itu tidak jago soal mendesain motornya secara 100%. Dikala bagian belakang ke tengah sudah seksi, bagian depannya malah buruk rupa. Contohnya? GSX-R600 2013, GSX-1000F, Katana, dan Gladius. Tapi jangan salah, desain Suzuki seperti itulah yang membuatnya bertahan sampai sekarang. Tidak hanya itu, Suzuki sering membuat gebrakan dengan fitur yang lebih baik maupun mesin yang lebih powerful, namun dengan harga yang masuk akal dan finishing masih bisa pol-polan. Honda? Yamaha? Ah sudahlah, mereka lagi sibuk kerjasama bikin skutik.

rantai_gsx_1

Suzuki GSX-R150 dengan rantai RK 428 KLO dan Gear Sunstar

rantai_gsx_2

Rantainya udah O-Ring. Suzuki kurang baik apa coba?

Ini hanya salah satu contoh keseriusan Suzuki dalam membuat motornya. Saya belum membahas kualitas cat, plastik, las-lasan, jenis ban, tebal rangka, tebal tangki, mesin, dan perangkat rem loh ya. Terutama mesin DOHCnya yang dirumorkan (atau sudah fix) dapat memproduksi tenaga puncak 19HP dan torsi hampir 14Nm.

Tinggal harganya aja yang belum dirilis. Jika Suzuki mampu membuat strategi pricing GSX-R150 di antara CBR150 dan R15, siap-siap dah perang Power-to-Price!

Review Helm Zeus Z806, Bukan Sembarang Helm Impor Murmer

dsc_0706

Hallo All…
Balik lagi ke segmen Review Helm. Kali ini, saya akan me-review sebuah helm impor asal Vietnam yang ternyata ga mahal-mahal amat harganya. Dan helm tersebut adalah ZEUS Z806. Gimana kualitasnya secara keseluruhan? Cekidot aja deh…

BUILD QUALITY JADI POIN PLUS
Kalau ngomongin Vietnam, saya selalu kepikiran ama skuter Piaggio. Bukan kenapa-napa, soalnya saya tahu kalau kebanyakan stok Piaggio di Indonesia adalah buatan pabrik Piaggio Vietnam. Dan kualitas buatan tangan mereka tidak bisa dianggap remeh. Nah, bagaimana hasilnya kalau mereka membuat helm?

Awalnya sih saya ragu, karena jujur saya baru mendengar merk Zeus semenjak 6 bulan yang lalu. Tapi karena berbekal rasa penasaran, akhirnya saya coba untuk mensurvei helm ini ke toko helm yang menjualnya.

Menurut indra peraba saya, helm ini terasa solid. Beratnya juga masih normal di angka 1500 gram, dan itu lumayan enteng untuk sebuah helm full-face double visor. Bagian karet-karet pada helm ini juga  bagus dan rapih, terutama bagian karet visor. Jika dibandingkan dengan KYT K2 Rider, karet visor pada Zeus Z806 sudah bekerja sesuai fungsinya. Ketika visor coba ditutup, karet visor terlihat ada kontak dengan kaca visor. Memang harusnya begini fungsinya lah ya. Kinerja buka-tutup visor juga lancar, namun tidak ada keistimewaan khusus di sektor ini. Cara bongkar-pasang visor-nya juga bukan yang paling mudah dibanding rival-rivalnya.

dsc_0718

Cara membongkar visor-nya, pertama buka visor dulu sampai atas. Kemudian, lihat ada sebuah pin yang saya tunjuk. Geser pin tersebut ke arah bawah, kemudian lepas visor dengan cara posisikan tonjolan visor ke posisi tersebut, angkat visor keluar, putar kebelakang, dan visor terlepas. Ribet kan?

FYI, cara memasang visor-nya kembali juga terbilang lebih sulit. Tapi yaa…semua butuh adaptasi. Jadi, harap maklum.

dsc_0712dsc_0714

Sistem penguncian helm ini masih menggunakan quick-release buckle. Tapi berbeda tidak seperti kebanyakan mekanisme quick-release yang ada di helm-helm buatan lokal, quick-release milik Zeus lebih simpel untuk digunakan karena mekanisme-nya adalah one-touch release. Untuk melepas tali helm, cukup tekan pelat merah dan kunci helm akan terlepas dengan cepat.

Dari sisi interior helm, satu hal yang saya lihat adalah padat berisi. Dan memang benar, karena busa dalam helm ini terasa padat ketika saya coba di kepala. Awalnya sempit banget, berasa pakai helm balap. Butuh seminggu sampai busa-busa padatnya menyesuaikan kontur muka saya.

Satu lagi yang saya suka adalah, helm ini sudah eyeglass friendly. Which means, saya bisa memakai kacamata di dalam helm ini tanpa kesulitan apapun. Gagang kacamata bisa masuk lancar dan menempel sempurna di daun telinga.

dsc_0705

Owh, hampir lupa. Kalian lihat knob hitam yang ada di sebelah kiri helm? Nah, knob tersebut berfungsi untuk menurunkan sun visor. Tinggal tekan knob-nya ke arah bawah. Dan untuk menaikkan sun visor kembali, tinggal tekan knob ke arah atas. Mekanismenya memakai per, jadi terasa sangat mudah digunakan.

dsc_0707

AIR FLOW GA LANCAR
Yup, itu poin minus dari helm ini. Lubang udara atas helm ini sama sekali tidak bagus. Untungnya, lubang udara depan bekerja sebagaimana mestinya untuk mengurangi fogging pada visor. Namun biarpun begitu, helm ini masih terasa adem untuk digunakan lama.

Jadi bagaimana, apakah saya menyukai helm ini? Jawabannya adalah YA. Disamping kelemahan yang ada, helm ini bisa dibilang hampir tak ada cacat. Build quality rapih, karet-karetnya bagus, bobot lumayan enteng, busa dalam tebal nan nyaman, double-visornya mantep, dan harganya hanya 550rb untuk sebuah helm impor. It’s a very good cheap helmet. Well done, Zeus Z806! You did impress me!

Review Helm Nolan N64, Hampir Sempurna!

Hallo all…
Kita balik lagi ke segmen Review Helm. Kali ini saya akan me-review helm premium yang bisa dibilang pasaran. Kenapa saya bilang pasaran? Karena biarpun harganya terbilang mahal, ternyata banyak loh yang punya helm ini. Dan helm apakah itu?

Ini dia…Nolan N64!

n64_1

Oke, untuk pembukaan, saya akan ngasih definisi singkat dulu tentang helm Nolan N64 ini. N64 adalah varian helm full-face keluaran Nolan yang kastanya masih berada di Entry Level. Namun biarpun masih Entry Level, jangan berharap kualitas helm ini setengah-setengah. Malah secara keseluruhan, build quality helm ini Sempurna! Shell luar terbuat dari polycarbonate keluaran Lexan, alhasil bobot helm bisa menjadi sangat ringan walaupun belum seringan Carbon Fibre loh ya. Visor-nya lentur, namun tebal dan terasa sangat solid. Busa dalamnya juga juara, sangat nyaman dan tidak cepat bau. Finishing cat, karet visor, dan bodi bawah helm ini sangat-sangat rapi. 3 ventilasi yang terdapat pada helm ini juga mudah untuk dibuka-tutup, dan terasa solid sehingga tidak akan rusak dalam waktu yang cepat. Well done, Italy!

n64_2

Nah, bicara soal desain, saya dengan enteng berpendapat kalau Nolan N64 ini adalah salah satu helm full-face dengan desain tercantik di kelasnya. Nolan juga ga pelit ngasih livery-livery para pembalap andalannya untuk diaplikasikan di helm Entry Level ini. Mungkin beberapa hal itulah yang membuat helm ini menjadi sangat populer di kalangan Helmet Lovers.

n64_8

Sistem penguncian helm ini ada 2 versi, yaitu versi DD ring dan Microlock Strap. Kebetulan yang saya review adalah versi DD ring, karena saya merasa lebih nyaman memakai sistem penguncian DD ring. Awalnya memang perlu banyak adaptasi dulu, namun lama kelamaan pastinya langsung terbiasa.

Aksesorisnya gimana?
Jangan kuatir, banyak kok toko helm online yang menjual aksesoris resmi untuk Nolan N64, seperti visor gelap dan pinlock. Harganya memang tinggi sih, tapi sepadan lah biar helm ini makin ganteng. Hehehe…

Ada yang lainnya ga?
Well, sayangnya udah itu aja kelengkapannya. Helm ini tidak dilengkapi dengan breath deflector dan chin guard. Sehingga visor dalam jadi mudah ngembun ketika udara luar sedang dingin. Memang sih, jika kita melengkapi visornya dengan Pinlock, masalah ngembun ini otomatis selesai. Membuka ventilasi depan juga lumayan efektif menghilangkan embun pada visor.

Review Time!
Setelah 7 bulan memakai helm ini, berikut poin-poin yang dapat saya jabarkan :
+ Sesuai ekspektasi, busanya nyaman
+ Semua ventilasi bekerja optimal
+ Kualitas optik visor sangat bagus, nyaman buat mata
+ Mekanisme buka-tutup visor lagi-lagi terasa solid
+ Aerodinamikanya bagus, dibawa riding high speed helm tidak terasa goyang
+ Bisa pasang Pinlock, visor-nya jadi anti embun
+ Ga ada yang aneh dari helm ini
+ Tali DD ring yang rapi dan mudah digunakan
– Suara deru angin lumayan berisik, mungkin efek area telinga terlalu terbuka dan tak ada chin guard
– Tidak ada breath guard, sehingga membuat visor cepat ngembun (kalau belum pakai Pinlock)
– Tidak terlalu nyaman dipakai lama untuk yang memakai kacamata
– Kadang ventilasi atas sulit ditutup
– Kaca Pinlock mudah kendor dari dudukannya

n64_3

n64_4

n64_5

n64_6

n64_7

Nah, helm ini sangat saya rekomendasikan buat kalian yang baru mau mencoba untuk meminang helm harga premium untuk dipakai harian. Sekali lagi, helm ini adalah kelas Entry Level, sehingga ga ada bermacam-macam fitur yang bikin mumet penggunanya. Yang ada adalah, helm ini menarik untuk dilihat dan nyaman untuk dipakai. Cocok buat kalian yang suka untuk mencoba hal baru, namun masih main aman. Mayan lah buat pamer #ehh