Review Honda New Megapro

Hohoo, akhirnya saya bisa ng’review Honda New Megapro milik pribadi🙂

Kenapa saya milih New Megapro?
Sebenernya sih, alasan saya buat punya motor ini lumayan banyak. Mulai dari style’nya yg all-new, konsumsi bensinnya yg irit, ada fitur Throttle Position Sensor (TPS), speedometernya yg keren, monoshock yg udah adjustable, double disk-brake, lampu depannya yang besar, kelistrikan standarnya udah full dc, aki MF 5Ah, dan ban standarnya yg lumayan menggigit aspal. Tapi yang paling bikin saya kagum adalah tarikan bawah mesin motor ini yg terbilang ganaass…!

Oke, kita kesampingin dulu feeling mesinnya🙂

First impression saya ama motor ini cuma diwakilin satu kata, NYAMAN. Serius, nyemplak diatas motor ini bener2 nyaman. Ergonomis banget lah🙂 Saya ngerasain rasa nyaman ini pas riding dari rumah saya di Tangerang ampe tempat kost saya di Depok, berangkat sekitar jam 8 pagi. Ente2 tau sendiri kan, jam-jam segitu Jakarta lagi macet banget. Dan, hasilnya apa? Tangan ga pegel, kaki ga sakit, bokong (maap) ga tepos, n’ ga ada gejala kelelahan yg berarti. Beda banget deh dari pas saya riding pake bebek, apalagi matic (saya juga punya Beat loh)🙂

Image Hosted by ImageShack.us

Oke, saya lanjut deh ke sektor mesin🙂
Salah satu faktor yg ngebuat saya tertarik ama New Megapro adalah mesinnya yg responsif. Udah banyak koq yg test-ride motor ini di blog-blog otomotif, hampir semuanya bilang mesinnya memang bener2 responsif. Nah, biar tarikan mesinnya kerasa, saya isiin 4 liter Pertamax ke dalam tangki New Megapro saya yg kapasitas maksimalnya 12 liter. Well, lanjut ke jalan raya, tarik maang…!🙂

Dan ternyata review yg saya baca ga bo’ong. Tarikan mesin New Megapro emang ganas, apalagi power di tarikan bawahnya yg cepet naek. Padahal karbunya tipe vakum loh, harusnya tarikan bawahnya ga terlalu kerasa🙂 Pas saya geber, gigi 1 mentok di 20kph, gigi 2 mentok di 40kph, gigi 3 mentok di 60kph, gigi 4 mentok di 80kph, dan gigi 5 mentok lebih dari 110kph (info diatas saya dapat dari ganti gigi tiap 7000rpm-8000rpm). Sementara top speed yang saya dapat baru 120kph, karena saya udah keburu ditahan ama lampu merah. Hehee🙂

Owh, iya. Gimana karakteristik getaran mesinnya?
Sayangnya, mesin kerasa getar pas masuk 4500rpm sampai 5500rpm. Tapi tenang aja, diatas itu getaran mesin udah mendingan ampe 9000rpm.

Trus, gimana handling motor ini?
Saya bilang sih, handling motor ini lumayan bagus. Feeling pas berkelok-kelok di kemacetan, braking, late braking, rebah normal, dan bergerak zig-zag kerasa enak dan nyaman, jadi adaptasi saya ama New Megapro lumayan terbilang cepet.
Saran saya pas Ente ngebonceng orang pake motor ini, kerasin dulu monoshocknya biar nanti nggak keliatan ambles dan handling motor tetep enak.

Ban standar motor ini bermerk IRC tipe NR25 100/90 (belakang) dan NF25 80/100 (depan). Yang saya rasain, kedua ban ini emang lengket di aspal, baik pas kering maupun basah. Diliat dari depan dan belakang, kedua ban ini terlihat ngotak. Berarti, ban ini enak buat dibawa santai dan kecepatan tinggi. Tapi masalahnya, ban kayak gini ga enak buat yg suka belok bergaya rebahan. Kalo rebah berlebihan, kontak ban dengan aspal bakal habis n’ hasilnya bakal jatoh dari motor. Enaknya sih, ban belakang pake ukuran 110/80 n’ ban depan 90/80 biar lebih enak. Tapi saya nunggu setahun lagi ah buat ganti ban🙂
Selebihnya tentang shock depan dan belakang, ga ada keluhan lah, empuk bin nyaman. Cuma klo buat yg suka late braking, ganti dulu cakram depan standarnya ama yg gedean, karena cakram standarnya yg berukuran 240mm kerasa kekecilan buat motor seukuran New Megapro, jadinya kurang gigit. Bisa koq substitusi pake cakram gede aftermarket punya Megapro ato Tiger lama, karena bracketnya sama. Ato pake aja kombinasi rem depan-belakang plus engine brake biar late brakingnya efektif🙂

Jadi kesimpulannya, motor ini menggabungkan kenyamanan dan power. Memang sih, top speed terbilang kecil. Tapi karakteristik mesinnya yg galak di putaran bawah cocok banget dipake di daerah perkotaan.

Pertanyaan terbesar saya muncul pas ngeliat lampu depan motor ini. Soketnya tipe apa yah? HS1, H1, H4, ato K3 kayak Megapro lama? Hmmm….ada yg tau?

Gallery

13 thoughts on “Review Honda New Megapro

    • Lumayan cepet, Bro. Biasanya sih baru jalan 20km aja mesin udh panas, padahal lagi ngga dibawa kenceng. Tapi ini normal koq di NMP. Apalagi oli honda kan pake yg encer (10w-30 ato 10w-40), jadi no problem lah….

      Ada yg bilang, mesin honda itu makin panas makin joss :p

      • Wah NMP ane malah ga cpt panas bro, pd hal pane shell super atau setara pertamax lho..
        Yg ptg jgn pake oli honda, mesin suara nya lbh kasar, mekanik nya sendiri bilang encer,,kebetulan ane dah kebiasaan pake enduro 4t racing, enak, suara halus, wangi smpe 300 km-an, mesin jg adem walau ane pake ngebut..
        Klo d parkir brg setengah jam aja mesin dah dingin lg,kdg agak mengganggu krn jd hrs panasin mtr lg..
        Pengalaman yg teraneh adalah saat ane riding k puncak, start dr cibinong, ane jemput doi k tmn mini baru k puncak, sampe2 d puncak pas, mesin bukan nya panas eh malah adem dan bahkan rpm stationer yg normal nya 1.400an turun jd 1.000 an…aneh jg sih ada mtr bs bgtu..hehe

Tinggalkan Pesan Disini

