Giliran Dibawa Touring, Penyakit Motor Keluar

Ini sebenernya kejadian seminggu yg lalu, tepatnya hari Jum’at, 3 Februari 2012. Pagi2 saya berangkat dari rumah saya di Tangerang menuju ke Ciledug untuk bertemu teman lama. Rencananya sih, kita berdua berniat touring duo ke Puncak.

Saya berangkat dengan memakai New Megapro. Selama perjalanan ke Ciledug, motor tidak terasa ada masalah. Semuanya bener2 baik. Sesampainya di Ciledug, bertemu teman saya, akhirnya kita memulai touring ke Puncak. Namun belum ada 3 km, motor saya mbrebet, akselerasinya jedak-jeduk, dan akhirnya mesin mati di tengah jalan. Untung teman saya lumayan dekat dgn posisi motor saya yg mati mendadak, jadi saya panggil dia untuk minggir dulu.

Teman saya lumayan banyak tau tentang megapro, jadi dia membantu saya mencari masalah di motor saya. Asumsi pertama, karbu kemasukan air. Memang sih, kemarin motor sempet saya cuci karna udah lumayan kotor. Namun setelah bensin yg masih ada di karbu dibuang, motor masih mbrebet.

Pengecekan dilanjutkan. Tiba2 teman saya menyuruh saya untuk menyalakan mesin lagi. Mesin sih bisa menyala, tetapi akhirnya mati lagi dan lagi. Teman saya tiba2 teriak, “Businya, Dik!” Benar saja, pas dicek, ternyata chop businya basah. “Pantes aja pas gw dengerin baek2, ada suara cusss di bagian busi, kayak suara api yg dipadamin pake aer.” Yaah…terusannya bisa ditebak. Chop busi saya cabut, bawa ke bengkel ban terdekat, minta tolong untuk dikeringkan pakai angin, dan chop busi dipasangkan kembali ke kabel busi dengan kencang.

Well, finally, motor NMP saya bisa digeber dengan normal lagi🙂

Kenapa air bisa masuk ke dalam chop busi? Sebenernya saya pribadi  punya jawabannya. Dan jawabannya adalah….

Karena pemasangan kabel busi ke chop busi cuma kurang kencang, jadi pas nyuci aer gampang masuk ke chop busi. Ini murni kesalahan saya sendiri dari awal, karna nggak ngecek motor secara menyeluruh sebelum jalan.

Tinggalkan Pesan Disini

