BAB 2

TEMA: CINTA KASIH

PENGERTIAN
Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

DEFINISI
Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
– Perasaan terhadap keluarga
– Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
– Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
– Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
– Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
– Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
– Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
– Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
– Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluamya. Dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.

SUMBER
http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta
http://ratrismart.blogspot.com/2010/04/pengertian-cinta-kasih.html

PENDAPAT SAYA:

Cinta kasih terbentuk dari dua kata, yaitu cinta dan kasih. Cinta adalah rasa suka atau sayang yang mendalam kepada seseorang yang sangat spesial untuk diri kita. Sedangkan kasih adalah kata aktif yang mendukung definisi dari cinta itu sendiri.

Rasa cinta itu sendiri terkadang terasa sangat aneh. Banyak orang yang bilang, kalau cinta itu bisa membuat seseorang mengalami gejala-gejala suatu penyakit aneh di dalam dirinya. Misalnya: panas dingin, susah tidur, sering senyum-senyum sendiri, dan selalu terlihat seperti orang yang paling beruntung di dunia. Selain itu, rasa cinta juga bisa membuat kita berkeinginan untuk selalu melindungi seseorang yang spesial.

Itulah beberapa contoh kecil dari keajaiban cinta yang sering terjadi di kehidupan manusia.

Beberapa orang bilang, cinta adalah salah satu kata yang sangat sulit untuk dijelaskan jika orang tersebut belum pernah mengalaminya. Maka itu, jika anda ingin mengetahui apa arti sebenarnya dari cinta, anda harus bisa mengalaminya sendiri. Persepsi orang-orang tentang cinta juga pasti berbeda-beda, tergantung dari pengalaman mereka sendiri-sendiri. Pengalaman cinta itu terkadang menyenangkan, terkadang juga bisa membuat sakit hati (sakit hati yang hampir mustahil untuk disembuhkan).

Jangan sekali-sekali meremehkan cinta kasih, karena cinta kasihlah yang menjalankan hati setiap manusia, sehingga dunia ini bisa dijadikan tempat tinggal yang damai dan tentram. Bayangkan saja jika cinta kasih tidak ada di dunia, pastilah hasilnya bisa ditebak. Perang dimana-mana, orang-orang tidak mau mengalah satu sama lain, tidak ada senyuman di wajah setiap orang, dan hal-hal buruk lainnya. Bisa dibilang, cinta kasihlah yang mengakari setiap hal-hal baik yang ada di dunia. Contohnya seperti memberi sedekah ke pengemis, bakti sosial, dan donor darah. Sedikit contoh tadi terjadi karena adanya perasaan cinta kasih, saling mengasihani satu sama lain dan mau menciptakan kebahagiaan untuk orang lain yang tidak beruntung.

Baiklah, jika kita membahas tentang pacaran, pastilah cinta kasih berperan besar dalam aktivitas ini. Namun, setiap hubungan antara dua insan berbeda jenis kelamin tidak selalu didasari dengan rasa cinta kasih yang murni. Seringkali, pacaran hanya wujud aktivitas yang didasari dengan hawa nafsu yang terlalu besar. Ini benar-benar tidak benar, karena akan berakhir dengan banyak hal negatif, seperti salah satu contohnya yaitu pemerkosaan.

Maka dari itu, bagi anda yang mencari kebahagiaan, carilah arti sebenarnya dari cinta itu sendiri, lalu alamilah rasa cinta itu dengan sepenuh hati. Niscaya, anda akan mendapat kebahagiaan yang sulit untuk dijelaskan secara lisan. Dan mungkin saja, anda bisa bertemu dengan seseorang yang spesial khusus untuk anda sendiri.

Tinggalkan Pesan Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s