Review Per Kopling Tiger di NMP

Perkopling_tiger

Ide buat ngeganti per kopling ini muncul setelah Ane ngerasa kalo motor sering brasa slip kopling pas gear-shifting di putaran mesin rendah. Istilahnya, ga ada tarikan sama skali. Menurut intuisi pribadi sih, per koplingnya udah mulai lemah. Knapa Ane nyalahin per kopling? Karena Ane yakin kalo kampas kopling yang abis, pasti power motor ga kluar di tiap putaran mesin. Lah ini…koq tarikan bawahnya loyo, sedangkan tarikan atasnya masih joss. Karena itu, Ane berpikir buat mengganti per kopling. Seperti biasa, googling dulu😀 Dan didapat info kalo ternyata per kopling Tiger bisa dipake di NMP n’ konstruksi pernya lebih keras dari punya NMP. Yo weis…Ane langsung hunting ke AHASS 001 Dewi Sartika n’ ngebeli 4 per kopling Tiger dengan harga satuannya Rp.7rb (brarti, total duit kluar Rp.28rb). Abis itu Ane minta tolong pasangin di Speedshop deket kampus skalian tune-up ringan.

Pas bak kopling dibongkar, terlihatlah dalemannya My-NMP untuk pertama kalinya. Hmm…bersih banget ternyata dalemannya. Lanjut, bongkar per kopling. Sebelum per kopling Tiger dipasang, ukurannya dibandingin dlu ama per kopling ori NMP. Panjangnya sih ternyata sama. Sip…pasang deh😀 Setelah itu, tune-up ringan pun dilakukan (baca: bersihin karbu). Setelah smua kelar, niat akhirnya sih motor pengen di-tes dulu ama sang mekanik. Sayangnya, cuaca ga mendukung, jadi Ane sendiri deh yg test-ride skalian pulang ke kost.

Feeling pertamanya sih, kopling ternyata ga sekeras yg orang2 bilang. Tapi enaknya, skrg tarikan bawahnya ga ngempos lagi. Efek lainnya yg ga diduga yaitu getaran yg brasa banget di gigi 1 skrg udah jauh berkurang, lalu tarikannya lebih smooth n’ responsif ampe tembus limiter di tiap gear. Cuma ada satu hal yg ngeganggu. Kalo motor di-gas ato lepas gas pas kopling masih setengah tarik, muncul bunyi “klok-klok-klok” di daerah gear depan n’ jalan motor ndut-ndutan (ga sering juga sih). Maka itu, Ane kurangin gaya riding Ane yg biasa buka setengah kopling pas macet-macetan biar gejala itu ga brasa. Kayaknya sih per koplingnya perlu disetel lagi. Nanti deh pas motor masuk AHASS lagi😀

Secara overall, Ane puas ama penggantian per kopling Tiger ini😀 Jika kedepannya nanti ada permasalahan lagi gara2 per kopling Tiger, Ane usahain dah buat laporan di blog ini juga. Dan dengan ini, brarti udah ada 2 part Tiger yg Ane kanibalin ama NMP, yaitu per kopling dan koil😀

7 thoughts on “Review Per Kopling Tiger di NMP

  1. bunyi klok2 mungkin ga balance masang per tiger nya. Coba deh buka lagi, dari 4 per itu ada 2 yg keras, 2 agak lunak. Pemasangannya disilang supaya ga berat sebelah.

Tinggalkan Pesan Disini

