Review Pulsar 200NS

200NS_1
Wah…udah lama juga nih ga nyentuh link “New Post” di blog ini. Padetnya jadwal kuliah, training jarkom, dan lab assist ngebuat Ane susah buat nyari bahan buat nyumbang postingan baru lagi. Dan pada suatu malam minggu, suatu berkah pun datang. Ane ditawarin ama temen lama buat ngetes Pulsar 200NS-nya yang masih lumayan gress. Wah…boleh juga nih buat bahan review di blog, pikir Ane. Setelah sepakat ngumpul di rumahnya pas minggu pagi dan saling tuker motor, testing pun dimulai.

First Impression
200NS_2
Kalo ngomongin penampilan, kayaknya ga perlu dibahas lagi ya. Cukup dengan kata “Keren Abis” pun udah jelas. Hehe…Diliat dari angle manapun, motor ini selalu enak buat diliat. Salut dah ama sang desainer 200NS😀 Oke, trus gimana rasanya pas dinaikin? Well, buat Ane yang tingginya cuma 169cm, tinggi jok motor ini terbilang tinggi. Mungkin skitar 790-800mm kali yah, soalnya kalo kedua kaki diturunin jadi agak jinjit. Posisi badan pas riding pun agak nunduk, tapi masih dalem batas nyaman koq. Semua informasi di speedo terlihat jelas-blass dan minim getaran mesin, so…no objection here.
Bukan Pulsar namanya kalo ga ada yang salah. Menurut odometer yang baru nunjukin 500km-an, sang empunya udah ngeluh tentang footstep kanan boncenger yang udah selek dan lampu sein kiri belakang yang udah mati. Lalu lampu utama, padahal sudah H4 60/55W namun tidak seterang yang seharusnya. Semoga aja sodara-sodara skalian yang kebetulan punya 200NS ga ada keluhan yah. N’ jangan lupa, wajib pertamax coz kompresi mesinnya yang lumayan tinggi.

Performa Mesin
200NS_3
Ok, we’re talking about SOHC triple sparks 200cc engine here. Dengan power on crank yang diklaim tembus 23HP, harusnya bisa ngasih impresi yang bener-bener beda nih di jalanan lurus nan sepi. Nah, buat ngebuktiin performa mesinnya, Ane riding ke arah Serpong dimana masih ada jalan mulus disana. Setelah sampai di tujuan dan mencari spot yang cocok, Ane persiapkan nyali, tutup kaca helm dan mulai dari gear 1. Dan gimana kelanjutannya? Ane nyusruk saking semangatnya :p
No, I was joking. Ane masih memacu motor dengan persiapan hati. Gear-shifting enteng dan responnya cepet. Raungan mesinnya ga berasa kayak SOHC yang biasanya galak di RPM bawah. Di Pulsar 200NS, power badaknya baru keluar di atas 7.000rpm dan kena limit di 11.000rpm, mirip karakter mesin DOHC. Jujur aja, tarikan bawahnya terkesan lemah. Tapi biarpun begitu, respon gas ga ada yang kerasa kosong biarpun abis tiap gear-shifting. Motor ini seperti ingin lebih kenceng lagi dan lagi. What a machine…!
Tapi dibalik keasyikan yang ditawarkan mesinnya, muncul sedikit ketidaknyaman di bagian kopling yang keras. Risiko capek di tangan kiri nih kalo ketemu macet.

Handling
200NS_4
Motor ini punya berat kosong 147kg (cmiiw), dan itu terbilang lumayan berat. But thanks to that, Ane yakin motor ini punya kestabilan yang baik. Dan betul aja, 200NS nurut banget buat diajak ngeliuk-liuk dan cornering biarpun beratnya amit-amit buat orang kurus kayak Ane. Ban-nya yang gambot, setang jepitnya yang agak kaku dan suspensinya yang bongsor memberi kontribusi handling yang baik di tikungan dan jalan lurus. Gejala goyang dan ngebuang pun ga Ane rasain di motor ini. Asik euy…
Sektor pengereman pun ngga ada masalah karena mengadopsi kaliper buatan Bybre dan cakram lebar. Pakem abis, bikin pede buat ngejinakin powernya yang besar.

Others, Maybe??
200NS_5
Okay, there’s something odd with the speedometer calibration. Pas eksplorasi top speed sempet dapet 100kpj, entah itu perasaan ato bukan, Ane malah berasa lagi di 110kpj. Buat pembuktian lebih lanjut, Ane tukeran motor lagi sama temen Ane dan nyoba geber di angka 110kpj di motor masing-masing. Ketika dia dapet 110kpj dan ngasih isyarat buat ngesejajarin, ternyata memang bener. Di motor Ane nunjukin 116kpj dan di Pulsarnya nunjukin 110kpj. Perbedaan kalibrasi speedometer setiap motor memang berbeda, jadi ini bukan perkara besar.

Akhir kata, terima kasih udah berkunjung dan membaca postingan Ane yang sederhana. Thanks juga buat temen Ane, Bro Ari, yang udah sudi minjemin motornya buat Ane siksa abis-abisan secara gratis tanpa biaya bensin :-p Hehehe….
Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, that’s gonna help me a lot🙂

3 thoughts on “Review Pulsar 200NS

Tinggalkan Pesan Disini

