Definisi Bisnis Informatika

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam pengertian yang sederhana, bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini telah membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, bermacam bidang kehidupan semakin mengimbangi dirinya dengan teknologi yaitu dengan cara menggunakan teknologi itu sendiri termasuk didalamnya dunia bisnis. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bisnis yang satu ini. Menurut bahasa informatik adalah hal-hal yang berkaitan dengan informasi dan usaha dalam bidang informasi.

Bisnis informatika adalah salah satu bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini, baik di lingkup internasional maupun nasional. Yang membuat cepatnya petumbuhan bisnis ini adalah keikutsertaan teknologi yang perkembanganya tidak bisa dibendung. Sebenarnya bisnis informatika tidak hanya terbatas di dunia internet saja, namun lingkupnya juga mencakup software development, consultan IT dan sebagainya yang berkaitan dengan TIK. Perkembangan bisnis informatika di Indonesia ini terjadi peningkatan yang sangat pesat. mengingat kebutuhan akan bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai wajah cerah untuk kedepannya. Namun juga tetap didukung oleh SDM yang berkualitas dalam menyampaikan era bisnis.

Perkembangan teknologi di Indonesia, bahkan di dunia ini, sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Banyak pelaku bisnis bergantung pada teknologi informasi. Komputer yang pada awalnya hanya di gunakan oleh para pembisnis saja, sekarang sudah beralih menjadi trend di berbagai kalangan. Bahkan tidak sedikit yang beralih ke bidang komputer. Teknologi komputer sudah sangat berkembang dan dapat digunakan untuk beberapa macam aktivitas. Seiring dengan jalannya waktu, teknologi telekomunikasi dan informatika mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga teknologi telekomunikasi dan informatika berpengaruh sangat signifikan terhadap pribadi maupun komunitas, segala aktivitas, kehidupan, cara kerja, gaya hidup maupun cara berfikir manusia.

Karena perkembangan tersebut, sekarang bisnis informatika dapat mencakup hampir semua hal yang sekarang dapat dilakukan via internet dan non-internet, seperti :
– Jual-beli Online
– E-Banking
– E-Commerce
– ATM
– Penjualan perangkat TIK
– Pemasangan jaringan komputer
– Pemeliharaan perangkat TIK
– Software Development
– IT Consultant
– dsb …

SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://teknologi-sport.blogspot.com/2010/10/pengantar-bisnis-informatika.html
http://amikom.ac.id/research/index.php/KIM/article/view/4386/2720

Tinggalkan Pesan Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s