KTM RC200 dan RC390, Xciting FirstRide

DSC_0613

Sesi testride adalah event yang paling ditunggu-tunggu oleh para biker tanah air. Apalagi kalau motor yang akan di-tes adalah motor yang sedang hot dan populer di jagad blogsphere semenjak diperkenalkan ke publik. Dan inilah dia dua motor yang sedang hot tersebut, adalah BUKAN KTM mocin melainkan KTM RC200 dan RC390. Austrian made, single cylinder, an agile and fast sportbike. KTM kita kenal baik di ajang kejuaraan garuk tanah dan Dakkar Rally karena motor-motor DirtBike mereka adalah langganan podium di kedua kejuaraan dunia tersebut. Para antusias DirtTrackers juga mayoritas memiliki KTM sebagai tunggangan andalan mereka ketika sedang asyik garuk-garuk tanah #ehh

Nah, selain konsen di aspek Off-road, KTM juga telah mulai konsen di motor On-road semenjak merilis beberapa Sportbike seperti KTM RC8 dan Duke Series. Gimana kalau KTM meracik Sportbike ber-CC kecil? Impresinya gimana sih? Nih dia beberapa ulasannya.

Owh, hampir lupa. Acara test ride ini diadakan di RevPro Shop yang berlokasi di Jl. Radio Dalam Raya No. 14C, hasil kerjasama antara 2Wheelies dan RevPro😀

TAMPANG

DSC_0609

DSC_0642

Dilihat dari dekat, ternyata dimensi motor ini ga ramping-ramping amat. Liat aja dari chassis tubular dan kaki-kakinya yang serba gede. Lalu bagian fairing depannya juga terlihat unik. Coba lihat windscreen-nya yang di-expand sampai bawah dan meng-cover dual-projie-nya. Unik kan? Next, buritan belakang terlihat seperti tidak ada jok belakang. Believe it or not, ada jok belakangnya kok. Mana? Ya disitu…Wong pas dipegang empuk kok. Unik kan? Namun lebih dari itu, satu kesatuan dari motor inilah yang membuatnya terlihat unik.

DSC_0644

Mukanya aja nyeleneh banget kayak orang melet-melet. Hahaha…:D Tapi itulah yang saya suka dari desainer KTM, nyeleneh tapi cakep.

KELENGKAPAN

DSC_0653

Harga KTM RC200 yang mencapai hampir 60 juta dan RC390 yang dihargai 2x lipatnya memang meninggalkan kesan Overpriced pada beberapa orang. Tapi percaya deh ketika melihat langsung, harga segitu memang masuk akal. Karena apa? Kedua motor ini sudah Ready to Race. Tinggal ganti knalpot free-flow dan ban yang bagusan, mereka siap dipakai buat betot-betotan di sirkuit tanpa banyak setting. Ga heran, karena KTM RC series telah dilengkapi dengan suspensi depan WP upside-down, suspensi belakang (WP juga) yang gede banget, dan speedometer full digital yang super lengkap. Khusus RC390 telah dilengkapi ABS pada rem depan dan belakang.

DSC_0643

Note: Buat yang belom tau, BYBRE adalah anak perusahaan Brembo yang konsen membuat produk pengereman untuk area Asia. Jadi untuk urusan braking dan handling, KTM RC bisa sangat superr…

DSC_0636

Note (lagi): Untuk supplier ban kedua motor juga beda-beda nih. RC200 memakai MRF, sedangkan RC390 memakai Metzeler.

FIRST RIDE

IMG_20150322_103742

Sebenarnya ada kejadian yang kurang menyenangkan nih Bro’s. Pas nama saya yang akhirnya dipanggil setelah sekian lama untuk ngetes RC390, motornya ga bisa hidup. Bukan…bukannya saya lupa buat naikin standar samping ato pindahin saklar engine ke posisi ON. Ternyata motor ga bisa hidup gara-gara mesinnya overheat. Harap-harap maklum sih, ini emang suka kejadian di beberapa mesin motor yang punya kompresi tinggi. Dan akhirnya saya cuma bisa ngetes RC200 -_- But never mind, let’s get on the road !!

IMG_20150322_103744

Seperti yang bisa dilihat, kita-kita ngetes di jalanan umum. Jadi ga terlalu bisa ngeksplor performa full-nya. Impresi awal pas saya naik RC200, jok-nya lumayan tinggi dan ini diperparah dengan tinggi badan saya yang cuma 169cm. Jadinya jinjit balet deh, kalo kata Kang TMCBlog. Hehe😀 Trus setangnya juga amat sangat rendah, alamat bakal pegel deh kalo ngga terbiasa. But then, semua butuh waktu untuk adaptasi, jadi no problem laah…

Oke, saya dan RC udah siap tancap. Nyoba akselnya di gigi 1, RPM sangat cepat naik ke area redline tanpa basa-basi. Tekan-lepas kopling juga sangat ringan dan daya gigitnya sangat baik. Nggak berasa ada power loss sama sekali. Lanjut ke gigi 2 dan 3, akselerasi semakin menjadi-jadi untuk mengejar pengawal testing yang make Duke 200-nya kenceng minta ampun, sampe-sampe saya sendiri lupa buat meratiin speedometer. Karena makin siang jalanan makin rame, otomatis skill biker jalanan harus keluar semua nih. Buat selap-selip, braking, dan u-turn bisa dilakukan dengan mudah. KTM bener-bener pol-polan buat memaksimalkan handling motor yang ringan ini.

Sayangnya, saya cuma bisa ngetes selama 1 putaran saja. Selama testing, saya sulit mencari kelemahan dari RC200, di samping speedometer-nya yang terlihat kecil dan sulit untuk dibaca. Sensasi akselerasi dan handling super itulah yang membuat saya takjub. Seandainya saya datang lebih pagi dan jalanan masih lengang, mungkin saya akan sempat juga merasakan jambakan power RC390 yang dikatakan “jambakan setan”😀

Yah, akhir kata….

SAYA GALAUUU…..😀

Nyahahahaaa….

2 thoughts on “KTM RC200 dan RC390, Xciting FirstRide

  1. wow baru ini tau kl pas test ride ada ktm yg mogok..
    informasi spt ini yg konsumen mau, bkn bgs nya aja
    lebih detail lg mas review nya tmbh galeri foto
    nice blog

Tinggalkan Pesan Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s