Perkembangan Teknologi Monitor Komputer

Play_computer

Di abad 21 ini, kita semua sudah familiar dengan berbagai macam perangkat komputer, salah satunya adalah perangkat monitor. Kita sering menghabiskan waktu di depan monitor berjam-jam entah untuk bekerja, bermain game, maupun menonton film favorit. Sebuah monitor yang baik dapat menambah pengalaman dan rasa kepuasan untuk para penggunanya. Inovasi dari teknologi layar monitor telah berkembang pesat dari waktu ke waktu, dimulai dari era monitor CRT sampai LED.

Pada postingan saya kali ini, saya akan menceritakan perkembangan monitor yang akan dimulai tipe CRT, LCD, dan terakhir LED. Saya akan memulainya dari nenek moyang dari teknologi monitor komputer, yaitu CRT.

CRT_LG

Monitor CRT, kependekan dari Cathode Ray Tube, adalah monitor yang menggunakan teknologi CRT untuk membuat sebuah layar monitor. CRT (yang juga disebut dengan tabung gambar) menerima sinyal lewat sebuah kabel dan sinyal tersebut di-decode oleh kontroler layar yang akhirnya muncul objek pada layar fosfor. Dahulu kala monitor ini dikenal dengan Terminal yang dikenal dengan Video Display Terminal (VDT). VDT adalah monitor monokrom yang menggunakan teknologi CRT. Mereka dapat bekerja dengan semua tipe komputer dengan cara dikoneksikan lewat konektor serial.

LCD_LG

Setelah CRT, muncullah monitor LCD. LCD, yang berarti Liquid Crystal Display, adalah teknologi layar monitor yang paling populer saat ini. Monitor LCD memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh monitor CRT, yaitu bobotnya ringan, bentuknya kompak, hemat ruang, hemat listrik, dan harganya murah. Seperti namanya, liquid crystal adalah elemen kunci dari layar monitor ini. Dengan memanipulasi kristal kita dapat mengubah interaksi cahaya. Pada monitor ini terdapat sebuah kontroler layar yang bertugas menerima sinyal dari kartu grafis pada motherboard. Kontroler layar ini mengontrol 2 hal, yaitu sinyal elektrik yang menuju liquid crystal dan cahaya belakang (backlight).

LED_LG

Lalu ada pula monitor LED. Monitor ini menggunakan light emitting diodes (LED) yang bekerja sebagai peningkat performa pada monitor. Pada dasarnya, monitor LED adalah monitor LCD yang memakai lampu LED untuk menghidupi panel LCD. Ini berarti LED diletakkan di belakang atau di sekitar panel LCD untuk meningkatkan ketajaman gambar atau video pada layar monitor.

Lalu, manakah pilihan yang terbaik antara monitor LCD dan LED?
Berikut keunggulan monitor LED:
– Akurasi warna yang dihasilkan LED lebih baik
– LED mengkonsumsi daya listrik yang lebih sedikit
– Layar LED tidak menggunakan unsur merkuri yang terdapat di lampu katoda pada layar LCD, sehingga lebih ramah lingkungan

Sumber: http://www.engineersgarage.com/articles/computer-monitors-display-technologies-working
Gambar: LG (http://www.lg.com/us/monitors)

Tinggalkan Pesan Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s