Pasang Gear Set SSS Rasio 14/44 di CB150R

Hello BroSist…
Gimana nih Long Weekend kalian?
Saya sih ngerem aja di rumah. Maklum BroSist, saya lagi kurang enak badan dari semenjak malam tahun baruan. Makanya saya memutuskan untuk tidak jalan-jalan dulu. Dan lagipula…Cibi saya lagi ga ada rantainya.

“Loh, kenapa ga ada rantainya”, kalian tanya?

Saya copot ketika mencuci motor, sekalian bersihin gearset-nya. Mau dipasang lagi udah males duluan, b’cause rantainya udah ga bisa dikencengin lagi. Meskipun umur si Cibi baru 2 tahun, ternyata daya tahan rantai udah sampai batasnya. Mungkin karena cara berkendara saya yang ketika nemu jalan alus nan sepi langsung gas pol, plus ga sabaran buka-tutup kopling pas macet itulah yang membuat rantai cepet melar. Anehnya, kondisi melar itu cuma sebagian aja. Jadi, ada bagian rantai yang masih kenceng dan ada bagian lainnya yang melar. Ngencengin berkali-kali pun percuma, nyetel rantai di posisi pas malah terlalu tegang, kendorin dikit malah terlalu melar. FYI, rantai standar yang digunakan Honda old CB150R ber-merk FSCM (klik disini untuk melihat infonya). Sedangkan gear depan-belakang tidak ada info keluaran mana.

Oke, karena itulah saya pasrahkan sebagian tabungan saya untuk menebus gearset beserta rantainya. Dan bisa BroSist tebak, saya itu suka ngambil yang “sekalian bagus biar awet”. Dan apa yang saya tebus? Check this out…

SSS_Gear_2

Rantai_RK

Yup, sesuai yang terlihat pada foto-foto di atas, saya menebus rantai RK Gold tipe GR428HSLT dan sepasang gear SSS dengan rasio 14/44. Soal kualitas sih, tidak ada yang meragukan kedua merk ini. RK adalah merk rantai yang telah lama dipakai oleh tim Repsol Honda MotoGP. SSS sendiri sudah lama wara-wiri di kejuaraan balap motor di ASEAN region.

SSS_Gear_3

Secara visual, warna emas dari rantainya memang membuat tampilan motor jadi lebih keren. Dan rasio gear 14/44 membuat akselerasi si Cibi makin ringan. Impresi lengkapnya gimana?

Tunggu kelanjutannya yah. Stay tuned🙂

3 thoughts on “Pasang Gear Set SSS Rasio 14/44 di CB150R

  1. Gan,,, bocorin harga gir dan rante nya jga donk, spa tau bisa jadi prtimbangan sbelum beli..

    Dtunggu impresi nyaa,, thanks gan..
    :cendols

  2. Dua tahun lumayaan juragan… kebo byson saya, pake gearset lokal yang punya jargon “gak bikin berisik”, gak nyampe setaun sudah runcing gearnya dorceng rantainya…

Tinggalkan Pesan Disini

