Review Gear SSS dan Rantai RK part 2

Oke, sudah hampir sebulan lamanya saya mencicipi gearset SSS rasio 14/44 dan rantai RK GR428HSLT di Cibi kesayangan. Dan sesuai janji, saya akan me-review selengkap-lengkapnya mulai dari kualitas overall, daya tahan rantai, feeling berkendara, dan beberapa poin lainnya yang menurut saya perlu untuk ditambahkan.

Oh ya, berikut dana yang saya habiskan untuk membeli satu set gearset ini :
– Gear Depan SSS 14T : Rp 55.000
– Gear Belakang SSS 44T : Rp. 100.000
– Rantai RK GR428HSLT 130 link : Rp. 260.000

SSS_Gear_3
Keadaan gear ketika baru terpasang

IMG_20160123_130704
Keadaan gear setelah sebulan

Dari segi visual, keadaan rantai dan gear tidak jauh berbeda dari ketika baru terpasang. Keregangan rantai juga tidak banyak berubah. Yah, lumayan puas lah ama performa dan daya tahan dari gearset ini. Tidak seperti rantai standar Honda yang cepet banget melarnya. Bayangin aja, tiap 2 minggu rantai udah berisik karena melar dan minta disetel ulang. Catetan dikit, warna emas rantai RK-nya mulai pudar tuh. Tanda-tanda cat rantai RK yang tipis kah??

Trus impresi pas dibawa berkendara gimana nih?
Wah, nyaman banget Masbro. Dari suara dah, nih gearset terbilang sunyi, ga banyak suara gemerisik, anteng banget pokoknya. Padahal dari awal pasang gearset, si Cibi jarang saya cuci buat ngetes berisik apa ngga nih kalo motor dalam keadaan kotor-kotoran setelah diguyur hujan. Getaran juga ngga berasa di daerah step kaki kiri, bukti kalo gearset berfungsi dengan sangat-sangat baik.
Namun, saya lebih penasaran sama rasio gear-nya yang lebih ringan dari bawaan pabrik, yaitu 14/44. Jika dibanding standar Cibi yang memakai rasio 15/45, pastinya sudah jelas kalau si Cibi yang sekarang ngga bisa mengkail top speed lebih tinggi dari keadaan gear standar.
But you know…that’s not a big deal. Gaya riding saya yang sekarang udah jarang betot gas sampai top speed. Ini karena rute riding saya yang sekarang lebih menuntut untuk respon akselerasi yang lebih baik. Intinya, riding si Cibi sekarang nemunya kemacetan dan jalan menanjak Masbro. Nah, pemakaian rasio gear 14/44 pada Cibi saya rasa udah pas kok buat stop n’ go dan riding kalem. Trus kalo buat boncengan, udah ga ada lagi perasaan ngeden pas riding di kecepatan rendah.

Tapi kalo buat betot-betotan, gimana impresinya?
Akselerasi dari diam ke 70kpj meningkat drastis. Entah kenapa, power mesin di RPM bawah jadi ngisi banget. Cuil gas dikit di gigi 1 ato gigi 2, si Cibi langsung melenggang dengan entengnya. Namun untuk menembus speed di atas 100kpj agak tricky. Si Cibi harus bener-bener mulai dari gigi 1 dan geber sampai 9000rpm. Terus lakukan sampai gigi 6 dan si Cibi bisa tembus 120kpj on speedo. Normalnya, si Cibi udah susah naik ke 100kpj kalau mulai betot gas dari kecepatan santai. Bisa jadi ini karena efek gear depan yang lebih kecil 1 mata, sehingga nafas mesin menjadi pendek dan tenaga terasa kosong di RPM tinggi.

Sebagai penutup, saya memang penyuka kecepatan. Namun di atas itu, saya lebih mementingkan kenyamanan ketika berkendara dengan motor. Percaya deh, mengendarai motor di perkotaan lebih asik untuk mengkail akselerasi dibanding top speed. 90kph udah cukup untuk melakukan overtake kendaraan lain.

Gear SSS saya rekomendasikan bagi Masbro dimarih yang ingin meningkatkan kenyamanan berkendara. Dan tidak seperti gearset merek lain, rasio gear SSS bisa kita pilih sesuai selera. Dan untuk rantai, Masbro bisa pilih antara RK GR428HSLT atau SSS 428HSBT. Mau asli Made in Japan, silahkan ambil RK aja. Hehe…

62 thoughts on “Review Gear SSS dan Rantai RK part 2

  1. Pingback: Pasang Gear Set SSS Rasio 14/44 di CB150R | dhuarazor02

  2. gan gua masih bingung, kalo mata gear diperkecil nambah akselerasi atau top speed? atau malah sebaliknya, gear diperbesar yg nambah akselerasi atau top speed, soalnya di blog lain bilangnya kalo mau cari top apeed ganti gearnya jdi 44, lah disini bilangnya ganti gear 44 nambah akselerasi

    • Gan, prinsip gear motor sama kok kayak gear sepeda gunung. Utk gear depan, makin banyak mata gear, sepeda makin berat digowes tapi kecepatan meningkat. Utk gear belakang, makin banyak mata gear, sepeda makin enteng digowes tapi kecepatan menurun. Monggo aja dicoba dulu.

      Selain itu, jangan hanya liat jumlah mata gear aja buat jadi patokan. Liat juga angka rasionya (hasil bagi antara jumlah mata gir belakang dengan depan). Misal gir standar CB150 15/45, brarti rasionya 45 : 15 = 3,00; Trus saya ganti dengan gir custom 14/44, brarti rasionya 44 : 14 = 3,14

      Kesimpulannya begini. Makin tinggi angka rasio gear, maka akselerasi makin meningkat tapi top speed menurun. Kebalikannya, makin kecil angka rasio gear, maka top speed yang meningkat tapi akselerasi menurun.

    • Pasti dipotong Bro. Dari out-of-the box kan rantainya ada 130 mata, sedangkan saya hanya perlu 124 mata. Jadi yaa…potong dlu sbanyak 6 mata.

  3. Gan mau nanya nih katanya teman saya harga nya gearset sss itu sekitar 700 ribu gan itu benar apa enggak gan?

  4. Mas bro, postingan ini kan prtengahan 2016, sampe skg uda sekitar 10blanan, gmana tuh keadaan rantainya ? Masi OK kah ?? Soalnya ane bingung mau ganti ke yg ori atau SSS, mohon pencerahannya bro, mtor ane CB150R jga. Terimakasihh

    • Baru aja sebulan yg lalu saya ganti lagi ke gearset ori-nya CBR150 K45 (15/46 mata). Baru setahun pakai gir SSS depan-belakang masih bagus, tapi rantai RK-nya yg kalah duluan. Klo diitung-itung, rantai RK cuma bertahan 10 bulan. Abis itu saya ganti pakai rantai SSS dengan tipe yg sama, dan 2 bulan kemudian ganti ke girset ori lagi.

      Perihal knapa rantai cepet banget kendor-kenceng (dorceng) mungkin karna gir depan yg berukuran kecil (14/44), jadi rantai lebih sering kontak sama arm. Mungkin kalo waktu itu saya pakai gir 15/47, rantai bakal lebih awet.

      • Owalahh, thx bro infonya membantu bgt. Btw knapa rantai SSSnya cma 2blan ?? Jdi konklusinya mending ori apa SSS ???

      • Rantai SSS cuma dipake 2 bulan karena setelah itu saya ganti ke gearset ori lagi. Jadi sebenernya ga ada yg salah dengan rantai SSS. Paling masa pakainya sama2 setahun kalo masih pake gear 14/44.

        CB150 kan gir depan 15 mata. Klo mau pakai SSS, saya rekomendasiin gir depan tetep 15, gir blakang boleh naik/turun 1 mata tergantung selera.

      • Wah klo Rantai RK masa pakai nya 10 bulan berarti ga beda jauh Om sama D.I.D. tuh, ane pake juga soal nya, ukuran 428H-128 harga 150rb, masa pakai kira2 sama kog, “hampir setahun”, ane pakek nya lebih seruntulan malah, suka di wheelie2 in juga malah,, hehe..
        Untuk gear, klo mau hemat bisa pake merk NPP gan, untuk gear blkg ane udh pake cukup lama, mgkn 2 tahunan sampe dia habis, cuma klo gear depan ane blm tau deh, skrg baru coba pake nih..
        yang penting klo mau gear awet gag cepet runcing rantai jangan di biarkan kendor, dan klo udah kendor, jangan suka seruntulan betot2 gas, di jamin itungan bulan gear udah runcing lagi…
        BTW motor ane NMP 2013..

      • oh iya, gear set nya masih ada gan? atau udah di lego? klo mau jual ke ane pasang harga brp gan,, hehe
        Klo minat email aja bro

  5. Oia mas…itu ban blkang lake ukuran brapa ya…dan part rk itu tersedia ng di toko2 aksesori…motor biasa…makasih mas

  6. gan kebetulan saya juga pake gis sss 14/44, dan ban masih standard bawaan pabrik, niatnya mau ganti, enaknya ukr=uran berapa ya gan ?

  7. Mas bro mau nanya nih, kalo mata gear depan 15 blakang 44 menurut mas bro gimana ni?
    Saya ya lagi binggung beli gear set ukuran brapa biar bawah sama atas kena, imbang lah gitu
    Makasih sblumnya mas bro

      • Klo sya gear mah standart,bru upgrade ban blakang 140/70-17,ban dpn ori,mw upgrade gear mohon pencerahanx gan

      • Coba naikin 3 mata gir belakang. Naik ke ban selebar itu jangan pakai rasio standar lah, kasian mesin motornya :p

  8. Gear set yg pas buat nanjak tp speed jg g’ loyo” amat enknya brpa bro?
    Kondisi motor n ban masih standart.

Tinggalkan Pesan Disini

