Review Helm KYT K2 Rider, Full-Face Dual Visor Nyaman buat Harian

Hallo All…
Setelah kita membahas soal oli motor di postingan sebelumnya, kali ini saya akan mengangkat topik mengenai review helm full-face. Yah, mungkin bakal berasa basi karena helm-nya juga udah keburu pindah tangan. Tapi kalo soal impresi sih, saya masih inget banget karena helm ini udah nemenin saya selama kurang lebih 1 tahun, dan udah pernah dibawa jalan-jalan ke Bogor dan Puncak, which is, masih deket dari Jakarta. Hehe…,jadi buat kalian yang masih penasaran, Check it Out aja deh!

K2_Rider_1

Nah, ini dia bahan review-nya. Ka-Ye-Te Ka-dua Raider, alias KYT K2 Rider. Helm ini saya beli di sebuah toko helm pinggir jalan yang berlokasi di Jl. Raya Bogor, pas sebelum pom bensin besar Pertamina. Kala itu, saya menebus helm ini dengan harga Rp 500rb, itupun sudah include nawar-nawar ampe mabok. Hahaha…Maklum, waktu itu status masih mahasiswa dan pendapatan masih ngandelin ortu serta gaji ala kadarnya dari magang sebagai Asisten Lab Kampus. Jadi mau bagaimanapun, saya bertekad untuk menebus helm ini dengan budget yang saya punya. Saya naksir helm ini karena sudah dilengkapi Double Visor dan padding yang lebih lembut dibanding helm KYT RC7 dan R8 Matic saya yang dulu. Plus, bisa masang sistem alfabet juga. Sayangnya, satu set alfabet untuk helm ini dijual terpisah dengan harga Rp 140rb.

K2_Rider_2

Kalau saya lihat secara fisik sih, helm ini udah lumayan berasa kokoh dan di beberapa titik sudah mendapat improvement dari helm-helm KYT sebelumnya, terutama di bagian karet bawah. Finishing cat secara keseluruhan juga bagus. Namun sayang, kualitas karet visor masih saja buruk. Baru selang 3 bulan saya pakai, karet visor udah mulai lepas dari tempatnya. Tapi bisa diakalin sih, tinggal kasih double-tape dan tempel ulang, beres.

K2_rider_7

Sistem penguncian menggunakan Microlock, standar namun cukup efektif. Ga ada keluhan di sistem penguncian ini. Busa dalamnya juga ternyata sangat nyaman, enak buat dipakai riding selama 2-3 jam. Buat yang berkacamata, nyelipin gagang ke dalam helm ini agak sulit. Karena biarpun area muka agak longgar, area telinga ke belakang malah sempit. Ini yang bikin saya kadang-kadang susah untuk memasukkan kacamata ke dalam helm ini.

K2_Rider_3

K2_Rider_4

Nah, sekarang kita pindah ke bagian visor helm yang sudah anti glare dan anti scratch. Faktanya, visor utama helm ini bisa PnP dengan milik RC7 dan R8. Jadi ga susah kalau sewaktu-waktu kalian harus ganti visor, secara stok visor RC7 masih gampang dicari, entah di toko helm biasa atau di toko online. Cara lepas-pasang visornya juga sama seperti RC7, jadi kalian pasti tahu lah yaa. Tidak ada keluhan untuk sistem buka-tutup visor-nya. Yang suka saya keluhkan adalah visor-nya belum anti-fog, sangat mudah mengembun di segala cuaca.

K2_Rider_5

Ventilasi depan helm ini besar, dan efeknya udara mudah masuk ke dalam helm sehingga kepala kita tidak akan merasa gerah selama riding. Namun di saat yang sama juga buruk. Karena percaya atau tidak, ventilasi besar yang berada di depan helm ini TIDAK BISA DITUTUP. Makanya ketika dipakai pas cuaca hujan, bisa ditebak, air hujan bisa menembus ventilasi depan dan membuat area muka menjadi basah. Diperparah lagi dengan air yang mudah merembes di area dalam visor. Memang ada tombol kecil di dekat sistem ventilasi, tapi sayang itu hanya dekorasi tanpa fungsi apapun. Sistem buka-tutup ventilasi atas juga terlalu longgar, sehingga mudah terbuka sendiri. Bahan karet Breath deflector-nya terlalu elastis dan chin guard terlalu kecil.

Jadi buat kalian yang memiliki budget 500 ribuan dan ingin meminang sebuah helm full-face double-visor, KYT K2 Rider bisa jadi bahan pertimbangan. Build quality yang cukup, busa helm yang nyaman, sparepart-nya gampang, dan ada sistem alfabet membuat helm ini menjadi layak dibeli untuk dipakai riding sehari-hari.

Tinggalkan Pesan Disini

