Review Helm Nolan N64, Hampir Sempurna!

Hallo all…
Kita balik lagi ke segmen Review Helm. Kali ini saya akan me-review helm premium yang bisa dibilang pasaran. Kenapa saya bilang pasaran? Karena biarpun harganya terbilang mahal, ternyata banyak loh yang punya helm ini. Dan helm apakah itu?

Ini dia…Nolan N64!

n64_1

Oke, untuk pembukaan, saya akan ngasih definisi singkat dulu tentang helm Nolan N64 ini. N64 adalah varian helm full-face keluaran Nolan yang kastanya masih berada di Entry Level. Namun biarpun masih Entry Level, jangan berharap kualitas helm ini setengah-setengah. Malah secara keseluruhan, build quality helm ini Sempurna! Shell luar terbuat dari polycarbonate keluaran Lexan, alhasil bobot helm bisa menjadi sangat ringan walaupun belum seringan Carbon Fibre loh ya. Visor-nya lentur, namun tebal dan terasa sangat solid. Busa dalamnya juga juara, sangat nyaman dan tidak cepat bau. Finishing cat, karet visor, dan bodi bawah helm ini sangat-sangat rapi. 3 ventilasi yang terdapat pada helm ini juga mudah untuk dibuka-tutup, dan terasa solid sehingga tidak akan rusak dalam waktu yang cepat. Well done, Italy!

n64_2

Nah, bicara soal desain, saya dengan enteng berpendapat kalau Nolan N64 ini adalah salah satu helm full-face dengan desain tercantik di kelasnya. Nolan juga ga pelit ngasih livery-livery para pembalap andalannya untuk diaplikasikan di helm Entry Level ini. Mungkin beberapa hal itulah yang membuat helm ini menjadi sangat populer di kalangan Helmet Lovers.

n64_8

Sistem penguncian helm ini ada 2 versi, yaitu versi DD ring dan Microlock Strap. Kebetulan yang saya review adalah versi DD ring, karena saya merasa lebih nyaman memakai sistem penguncian DD ring. Awalnya memang perlu banyak adaptasi dulu, namun lama kelamaan pastinya langsung terbiasa.

Aksesorisnya gimana?
Jangan kuatir, banyak kok toko helm online yang menjual aksesoris resmi untuk Nolan N64, seperti visor gelap dan pinlock. Harganya memang tinggi sih, tapi sepadan lah biar helm ini makin ganteng. Hehehe…

Ada yang lainnya ga?
Well, sayangnya udah itu aja kelengkapannya. Helm ini tidak dilengkapi dengan breath deflector dan chin guard. Sehingga visor dalam jadi mudah ngembun ketika udara luar sedang dingin. Memang sih, jika kita melengkapi visornya dengan Pinlock, masalah ngembun ini otomatis selesai. Membuka ventilasi depan juga lumayan efektif menghilangkan embun pada visor.

Review Time!
Setelah 7 bulan memakai helm ini, berikut poin-poin yang dapat saya jabarkan :
+ Sesuai ekspektasi, busanya nyaman
+ Semua ventilasi bekerja optimal
+ Kualitas optik visor sangat bagus, nyaman buat mata
+ Mekanisme buka-tutup visor lagi-lagi terasa solid
+ Aerodinamikanya bagus, dibawa riding high speed helm tidak terasa goyang
+ Bisa pasang Pinlock, visor-nya jadi anti embun
+ Ga ada yang aneh dari helm ini
+ Tali DD ring yang rapi dan mudah digunakan
– Suara deru angin lumayan berisik, mungkin efek area telinga terlalu terbuka dan tak ada chin guard
– Tidak ada breath guard, sehingga membuat visor cepat ngembun (kalau belum pakai Pinlock)
– Tidak terlalu nyaman dipakai lama untuk yang memakai kacamata
– Kadang ventilasi atas sulit ditutup
– Kaca Pinlock mudah kendor dari dudukannya

n64_3

n64_4

n64_5

n64_6

n64_7

Nah, helm ini sangat saya rekomendasikan buat kalian yang baru mau mencoba untuk meminang helm harga premium untuk dipakai harian. Sekali lagi, helm ini adalah kelas Entry Level, sehingga ga ada bermacam-macam fitur yang bikin mumet penggunanya. Yang ada adalah, helm ini menarik untuk dilihat dan nyaman untuk dipakai. Cocok buat kalian yang suka untuk mencoba hal baru, namun masih main aman. Mayan lah buat pamer #ehh

Tinggalkan Pesan Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s