Review Helm Zeus Z806, Bukan Sembarang Helm Impor Murmer

dsc_0706

Hallo All…
Balik lagi ke segmen Review Helm. Kali ini, saya akan me-review sebuah helm impor asal Vietnam yang ternyata ga mahal-mahal amat harganya. Dan helm tersebut adalah ZEUS Z806. Gimana kualitasnya secara keseluruhan? Cekidot aja deh…

BUILD QUALITY JADI POIN PLUS
Kalau ngomongin Vietnam, saya selalu kepikiran ama skuter Piaggio. Bukan kenapa-napa, soalnya saya tahu kalau kebanyakan stok Piaggio di Indonesia adalah buatan pabrik Piaggio Vietnam. Dan kualitas buatan tangan mereka tidak bisa dianggap remeh. Nah, bagaimana hasilnya kalau mereka membuat helm?

Awalnya sih saya ragu, karena jujur saya baru mendengar merk Zeus semenjak 6 bulan yang lalu. Tapi karena berbekal rasa penasaran, akhirnya saya coba untuk mensurvei helm ini ke toko helm yang menjualnya.

Menurut indra peraba saya, helm ini terasa solid. Beratnya juga masih normal di angka 1500 gram, dan itu lumayan enteng untuk sebuah helm full-face double visor. Bagian karet-karet pada helm ini juga  bagus dan rapih, terutama bagian karet visor. Jika dibandingkan dengan KYT K2 Rider, karet visor pada Zeus Z806 sudah bekerja sesuai fungsinya. Ketika visor coba ditutup, karet visor terlihat ada kontak dengan kaca visor. Memang harusnya begini fungsinya lah ya. Kinerja buka-tutup visor juga lancar, namun tidak ada keistimewaan khusus di sektor ini. Cara bongkar-pasang visor-nya juga bukan yang paling mudah dibanding rival-rivalnya.

dsc_0718

Cara membongkar visor-nya, pertama buka visor dulu sampai atas. Kemudian, lihat ada sebuah pin yang saya tunjuk. Geser pin tersebut ke arah bawah, kemudian lepas visor dengan cara posisikan tonjolan visor ke posisi tersebut, angkat visor keluar, putar kebelakang, dan visor terlepas. Ribet kan?

FYI, cara memasang visor-nya kembali juga terbilang lebih sulit. Tapi yaa…semua butuh adaptasi. Jadi, harap maklum.

dsc_0712dsc_0714

Sistem penguncian helm ini masih menggunakan quick-release buckle. Tapi berbeda tidak seperti kebanyakan mekanisme quick-release yang ada di helm-helm buatan lokal, quick-release milik Zeus lebih simpel untuk digunakan karena mekanisme-nya adalah one-touch release. Untuk melepas tali helm, cukup tekan pelat merah dan kunci helm akan terlepas dengan cepat.

Dari sisi interior helm, satu hal yang saya lihat adalah padat berisi. Dan memang benar, karena busa dalam helm ini terasa padat ketika saya coba di kepala. Awalnya sempit banget, berasa pakai helm balap. Butuh seminggu sampai busa-busa padatnya menyesuaikan kontur muka saya.

Satu lagi yang saya suka adalah, helm ini sudah eyeglass friendly. Which means, saya bisa memakai kacamata di dalam helm ini tanpa kesulitan apapun. Gagang kacamata bisa masuk lancar dan menempel sempurna di daun telinga.

dsc_0705

Owh, hampir lupa. Kalian lihat knob hitam yang ada di sebelah kiri helm? Nah, knob tersebut berfungsi untuk menurunkan sun visor. Tinggal tekan knob-nya ke arah bawah. Dan untuk menaikkan sun visor kembali, tinggal tekan knob ke arah atas. Mekanismenya memakai per, jadi terasa sangat mudah digunakan.

dsc_0707

AIR FLOW GA LANCAR
Yup, itu poin minus dari helm ini. Lubang udara atas helm ini sama sekali tidak bagus. Untungnya, lubang udara depan bekerja sebagaimana mestinya untuk mengurangi fogging pada visor. Namun biarpun begitu, helm ini masih terasa adem untuk digunakan lama.

Jadi bagaimana, apakah saya menyukai helm ini? Jawabannya adalah YA. Disamping kelemahan yang ada, helm ini bisa dibilang hampir tak ada cacat. Build quality rapih, karet-karetnya bagus, bobot lumayan enteng, busa dalam tebal nan nyaman, double-visornya mantep, dan harganya hanya 550rb untuk sebuah helm impor. It’s a very good cheap helmet. Well done, Zeus Z806! You did impress me!

Tinggalkan Pesan Disini

