Oil Fight di New Megapro

Ga kerasa gw udah befriends ama New Megapro slama 5 bulan. Banyak pengalaman baru yang ga pernah gw dapet slama waktu masih ngendarain Beat merah gw dulu yang sekarang udah pindah tangan ke Adek di rumah 🙂

Odometer sekarang udah nunjukin angka 3865 KM. Jarak terjauh yang pernah ditempuh terakhir kali yaitu cuma ke Puncak doank :p Selama pemakaian, gw udah banyak ngerti tentang beberapa penyakit nih motor (pastinya dengan obat-obatnya juga) dan segala kelebihannya. Riding style gw pun berubah total buat ngejinakin motor ini 😀 Selama 5 bulan ini juga, udah ada beberapa perubahan yang gw lakuin buat memaksimalkan performa motor. Mulai dari masang XCS, 9Power, gonta-ganti (baca: icip-icip) oli, ganti ban depan, pake koil TiRev (Tiger Revo) dan baru2 ini ganti gear depan jadi 15 mata.

Buat postingan kali ini, nyok kite bahas perbandingan 3 oli yang pernah dikonsumsi si MeggyRed 🙂

1. Enduro 4T Racing (Semi-Sintetik, 10W-40, JASO MA2, API SJ)

Oli ini terkenal karena baunya. Yup…baunya! Oli ini wangi permen karet loh 😀
Tapi selain wangi, oli ini ternyata punya performa yang bisa disejajarin ama oli-oli impor lainnya. Salah satunya kelebihannya yaitu di sektor akselerasi. Pas gw jejelin oli ini di mesin NMP dan coba digeber di jalanan kosong, bener-bener dah akselerasinya. Top speed yang didapet bisa langsung tembus 120 KPJ :matabelo:
Feeling di sektor gearbox, jujur aja gw kurang suka. Biarpun di kemasan oli ini tercetak “Dengan formula anti-slip kopling”, slip kopling ternyata masih kerasa biarpun dikit. Ganti giginya pun kerasa kasar dan suhu mesin beneran panas ampe tembus kedalem sepatu :p Mesin sih enak pas dipake waktu suhu mesin dingin, tapi selang beberapa jam dipake, performa mesin pasti down gara2 panas.
Oli Enduro ini pun dipensiunkan dari mesin NMP pas udah nempuh jarak 1100 KM’an. Selama perjalanan ke bengkel buat ganti oli, Enduro ini masih enak dipake sebenernya :p

2. Shell Advance AX7 (Semi-Sintetik, 10W-40, JASO MA2, API SL)

Beralih ke Shell. Impresi pertama sama oli ini langsung kerasa di sektor gearbox. Ganti giginya alus banget n’ mesin lebih adem ketimbang Enduro. Tapi pas nyoba buat digeber, akselerasinya ga lebih bagus daripada Enduro. Penyakit mesin down pas panas pun masih ada. Selebihnya yaa…sama aja kayak Enduro. Pas dingin, performa mesin enak banget. Eeh…pas panas masih aja kedodoran -_-
Btw…
Top speed yang pernah gw dapet pas make AX7 ini tembus di angka 118 KPJ. Oli ini pun sukses gw pensiunin setelah nempuh jarak 1300 KM’an. Sebelum oli diganti, gearbox udah mulai kerasa keras, tapi ga sekasar Enduro.

3. SPX 1 by Repsol (Full-Sintetik, 10W-30, JASO MA, API SJ)

Sebenernya gw kena racun oli full-sintetik ini dari forum Megapro di web. Mayoritas bilang, NMP itu enak dikasih minum SPX1. Yo weis, karena gw masih polos :cuih: gw cobain deh oli SPX1 ini, sekalian servis sebelum dipake touring ke Puncak malemnya.
Setelah RedMeg kelar diservis n’ SPX1 udah terpendam di mesin, gw cobain deh performanya pas perjalanan pulang. Bisa dibilang sih, performa oli ini gabungan dari AX7 dan Enduro. Gearboxnya nyaman dan akselerasinya mancep. Pas mesin panas pun, performanya masih stabil. As expected from Fully-Synthetic Oil 😀

Dari review ketiga oli diatas, singkatnya gw simpulin hasilnya di bawah ini:

|——————-| Enduro 4T Racing | Shell AX7 | SPX 1 |
| Akselerasi      | * * * * *                   | * * * *       | * * * *   |
| Kenyamanan | * * *                        | * * * * *    | * * * * * |
| Kestabilan-    |
| Performa       | * * * *                      | * * *          | * * * * |

That’s all, Folks! Thanks for coming 🙂

51 thoughts on “Oil Fight di New Megapro

  1. NMP ane dah 7 bulan, semenjak beli selalu minum SPX1. Memang enak nih oli.
    Kalo masalah mesin cepet panas ane ngerasain pas pake pertamax plus. Trus mesin terasa kasar. Yg cocok emang pake pertamax. Tapi ane pake nya pertamax campur premium. Tarikannya responsif ngga cepet panas. Kalo topspeed baru sampe 102 kpj, itu juga ane udah deg2 an, padahal sisa rpm masih banyak. Maklum nyali blom kuat, kecuali di sirkuit plus pake baju racing baru dakh ane poll in tuh gas

    • Klo buat keseharian sih, Ane biasanya nyampur premium ama pertamax plus. Cuma ngga tau juga deh, knapa terkadang malah enakan pke murni pertamax :p
      Hehe…
      Gapapa baru ampe 102kph, nyang penting tetep ride with safety ya, Bro 😀

  2. Nice Info Gan, Ane Juga Pengguna Baru NMP (baru 5 bln Jga) tapi Dari Beli pakenya yang MPX Mulu, Coz Takut Gugur Garansi mesinya, Btw More Info dong Klo gw Nyba Ganti Yng SPX, kira2 GUgur ga ya garansiny?, secara Di Buku mnualny dianjurinya yang MPX…

    • Garansi gugur klo pas mesin masbro knapa-napa trus minta klaim garansi, ternyata ketahuan lagi pake oli lain diluar rekomendasi Honda. Maka itu, kita sebagai pemilik motor harus tahu dulu plus-minus berbagai macam oli, apa pas di mesin kita. Kan di internet banyak tuh yang udah nyicipin oli lain di New Megapro. Kbanyakan yg udah pernah dicoba itu Motul Ester 10w-40, Enduro Racing 10w-40, dan shell ax7 10w-40. Dan tebak oli apa yg paling banyak dipake NMP user? SPX1.

      Owh iya, SPX1 itu kan oli original dari honda juga, udah full-sintetik pula. Jadi SPX1 ga akan ngbuat garansi motor masbro gugur 🙂

      Info satu lagi, MPX1 itu aslinya keluaran idemitsu. Sedang SPX1 keluaran repsol. Jadi tau donk mana yg bagusan 😉

      • mau tanya bro kalo make shell helix advance gimana ya ? bagus ga kira kira

      • Shell Helix beda loh sama Shell Advance. Helix utk mobil, sedangkan Advance utk motor. Klo maksud ente bagusan mana utk motor, jelas bagusan Shell Advance.

  3. Pake shell ax7, kemaren ane ke daerah telaga warna dieng wnsobo., trek nanjak abis, bonceng pula, terasa bgt performa motor gak maksimal, knalpot nembak2, ngaso bentar musti 3 kali stater baru nyala, kenapa ya, pengaruh oli ataw suhu dingin//
    besoknya langsung ane ganti deh spx1 yang kemasannya warna putih (beda gakl y), yoi seperti yang ente tulis bro, ane geber menuju kaliurang jogja, mau liat merapi dari dekat, tarikan oke, enak baget, tapi pas sampe tujuan, ane denger deru mesin kok kasar bgt yaa , apa karena encer ataw gemana ya… itu aja seh , mohon pencerahan bro.
    jadi ragu sama spx1……..

    • Hmm..bisa aja karna suhu dingin, coz penyakitnya susah starter.
      Olinya beda Bro, harusnya cari SPX1 yg kemasannya udah warna Orange, coz udah dibuat ama Repsol (kterangan ada di blakang btol oli). Sedangkan yg putih itu dibuat ama Federal Oil. Jadi secara performa pasti beda jauh, biarpun sama2 Full sintetik.

      Suara mesin brisik sih biasa, kn olinya encer (10w-30). Tapi klo brisiknya udh kelewatan (biasa kedengaran pas mesin masih IDLE), coba cek ke bengkel.

      • yup mas bro, setelah ketemu SPX1 yang gold, ternyata emang bueda banget, so hati-hati jangan tertipu kalo ke AHASS di kasih SPX1 yang Putih terus di bilang cuma beda kemasannya aja , soale ane dah membuktikan gan, di NMP ane, tanks mas bro..

      • Waduh, Ane sendiri blom nyobain gimana rasa olinya. Apa pahit, manis, asin, asem, I dunno 😀

        Hehe, just kiddin’

        Kebetulan nih stelah Ane ganti oli SPX1 dari sebulan yg lalu, ampe skrg oli blom diganti lagi (jarak tempuh udh lebih dari 2rb km). Feeling pertamanya sih lumayan enak. Akselerasinya cepet, topspeed sering didapet, dan mesin ga ng’down setelah dipake lama. Di sektor transmisi, upshift dan downshift brasa halus.
        Abis lebih dari 2rb km, udah mulai brasa sedikit penurunan performa, trutama di transmisi dan suara mesin yg mulai kasar. Ganti gigi naik ato turun udah mulai brasa keras. Tapi enaknya, masih ga terlalu brasa ada penurunan pas mesin panas 😀

    • omm, ane jg NMP rider,
      pernah om nyoba repsol, kebetulan supra ane jg pake repsol, mknya ngetes tuh si NMP dkasih repsol, dan ternyata hasil nya adaLah,,,,
      tuh mesin Lgsg berasa berat bgt tarikanya, bner” ga enak,pas br ganti sih blm berasa, tp setelah dpake 1 jam doang lgsg berasa Berat dan ga enak nya, alhasil pagi bsk nya Lgsg ane ganti pake Shell, haha cuma 1 hri ganti oli, smpe tkg bengkel nya ngira kl ane punya 2 Megapro,dia br kaget setelah ane bLg ini mtor yg kmren br ganti oLi,haa,
      tp skr sih udah pake SPX 1, itu yg terbaik buat NMP dgn harga standar dibnding Enduro sama shell, karna udah pernah coba semua,

  4. oli juga jangan terlalu encer.. saya juga mengeluh sama enduro.. cos krg enak kalo d bwa ke luar kota.. SPX1 ny ga adayang 10w-40 atau 50? soal ny ane d blgin bagus sih pke 40 tp ada juga 50 ? mohon pencerahannya gan 😀

    • Sayangnya SPX1 cuma ada yg 10w-30 Bro. Memang sebenarnya buat iklim Indo yg udah kelewat panas, oli berspek 10w-30 udah kaga cocok lagi karna alasan keenceran tadi (kuatir jg oli bkal gampang nguap). Tapi di NMP ane, alhamdulillah blom pernah ngalamin penguapan oli.

      Klo memang masbro tertarik, silahkan coba oli berspek 10w-40 ato 50 yg udah terbukti bagus. Tapi biasanya 10w-50 itu baru ada yg full sintetik doank dan harganya mahal (contoh: oli merk FK).

      • oke deh gan mkasih infonya..
        kalo spx1 itu agan sendiri menggantinya setiap brp km ya? kan lbh encer tuh jd lbh cepat jd item kan oli nya 😀

  5. To Bro Viktor 😀

    Klo klaim pabrik sih, SPX1 bisa tahan ampe 4rb km. Tapi karena Ane sendiri bawa motornya nyiksa, jadi oli Ane ganti tiap 2rb km’an. Skrg sih harusnya diganti, tapi blom ada waktu. Biarlah nanti skalian ama ganti busi platinum 😀

  6. Ini dia yang kucari…bulan lalu pas ke ahas disaranin pake federal, wuiih cepet panas, nah sekarang saatnya ganti oli….Maturnuwun Bro informasinya, Sip coba SPX1

  7. Aku dari new bladeku baru mpe sekarang setia pake oli spx orange ini bro…cuman pas baru turun dari dealer dan ganti oli gratisnya masih pake mpx (lumayan gratisan, he)….di jogja cuma beberapa ahass besar yang sedia ni oli….yang jelas selalu ada di ahass jombor ni oli..
    Ayo teman2 yang kecewa pake mpx, coba pake oli ini aja…aku dah coba ukur oli ini ketika ganti oli baru dan ternyata penguapannya minim sekali bro….
    Dengan banyaknya permintaan semoga oli spx ini bisa tersedia di AHASS pelosok sekalipun, jadi ga harus ke kota belinya…haha

    • Motul yg mana nih? Ester 5100, Gold 3100, ato yg full sintetik skalian? :p
      Ane sih blom pernah nyoba, Bro. Coz harga sebotolnya aja udah nguras kantong.

  8. Motor nmp ane pake oli repsol , tarikan jadi berat abis gimana ya , apa nantinya jadi ngaruh kemesin , trims

    • hehehe buruan ganti bro,
      ane jg pernah pake repsol kok, emg bner ga enakk, cm pake 1 hri doang tuh repsol, lgsg ane ganti lg, Pke SPX1 aja, itu yg paling enak kl mnurut ane,

  9. nice info bro, ane udah pake miggy 1 taun, SPX perlu di coba tu, sbelumnya ane pake MPX, Federal, Castrol … hehe

  10. Ane setuju, gan… ma penilaiannya. Paling enak pake SPX1 walaupun motor ane bukan Honda… :). Yg paling penting Suhu stabil, Ъќ  cepet panas, power mesin juga stabil, perpindahan gigi halus.Dah nyoba Yamalube Gold, Enduro Racing, ma Castrol Power 1 semuanya bikin kaki kepanasan (maklum mesin dah kena bore-up)

  11. mas bro ..ane .pake motul hitech 100/10/40…ane pake dari 500 km { ganti oli pertama} sampai sekarang.. motor ane NMP 2010 bulan desember.. kurang lebih udah 2 tahunan..ane pake motul.. harga 85 rbu..di ACE hadware..atau di AMX..kalo di warung oli harganya sekitaran 78~80 rbu..cman kalo beli di warung.agak ngeri -ngeri spektakuler..gituuuh..kalo dapet oli palsu..kan ..langsung baaaaam…rusak motor ane…untuk jarak tempuh perhari 70 km.{PP} rumah kantor..! nah yang mau coba silahkan ..beli di ACE hadware kalo ga di AMX aja..ane langganan di situuuh.

  12. liat pstingan braybray ini ane tmbah bngung…pilih yangmna bwt tnggangan ane…biasanya sih ane pakek enduro bwt megapro ane…biasa buat berangkat ngajar pagi sih enak…mtor digeber pek jarum spedo nembus 140…tp mesin ksar bgt….nah ni sya bcaada yg pakek shell advence AX7 bgus….eh da lg yg postingkrangenak…gimana ni bray brayngasih solusi ane….

    • Kalo buat geber-geberan mah, soal oli jangan main-main Bro. Mau enak skalian aja pake oli yg mahalan semisal Motul 5100 Ester, Shell Advanced Ultra, ato FK. Ane sendiri udh coba Motul Ester, jujur aja nih oli bener2 bukan saingan oli sintetik seharga 50rb’an yg Ane tulis di blog ini.

      Lagipula, enak nggaknya oli bisa berbeda-beda biarpun motornya sama. Maka itu, mending dicoba satu-satu biar tau mana yg paling enak.

    • mas bro..kalo emang seneng geber -geberan..mas bro mesti ..pake oli yang sesuai..dengan karakternya..semisal MOTUL ester.ato hi-tech…tapi kalo pake nya standar2 aja.. ya enduro racing udah cukup..kalo pakenya normal2..aja..ya ngebut2 dikit SPX..udah lebih dari cukup..kenapa ane pake motul..karena ane seneng ngacir dan emang trek ane cukup jauh 70~80 km /hari..jadi ya mesti pake oli yang mumpuni juga..demikian pencerahan nya mas bro..! salam ngacir – B37371 TFJ –

  13. salam megalovers….ane pengguna nmp lama. odometer uda 46 rbuan kilometer. ane belum pernah cba oli yg lbh mahal dr spx 1. tp mnurut ane, spx 1 udah ckup enak dan nyaman. buat harian turing nanjak turun. dan suara mesin serta tarikan joss. apalagi tambah 9power, pke pertamax biasa. nmp gk bagus pke yg pertamax plus gan. krn perbandingan kompresi cm 9 an. cocok nya pertamax atau campuran premium.

  14. salam meggylovers,,, ane jg pake oli motul ester dgn bensin pertamax plus, larinya pollllll mas broo,,,

  15. NMP ane pake MOTUL 7100 , harganya lumayan nyesek 230rb/ 1L per botol beli di bonjer, performa oli nya enak buat macet-macetan sama main high RPM . ane udah pake 2 kali , performa oli nya cuma bisa bertahan maksimal 6 bulan doang ( -+12.000 km) lebih dr itu siap2 kopling bakal sering selip

  16. 9power ITU APPA SIH BRO??? ANE NGA TAU TUH,maaff yo,,mohon pencerahannya,ane baru 10 bulan pake NMP bro,jadi kurang ngerti nih,kebetulan ane juga mau mudik dari cepu-jakarta PP,jadi mau sekalian ganti olie yang recomended …tolong ya gan…thanks

    • 9Power itu sejenis penstabil arus listrik di kabel koil. Jadi arus yg ngalir dari koil ke busi lebih terpusat, tenaga makin enteng. Harga pasarannya 40rb’an. Browsing gambarnya aja di google, http://goo.gl/DB0CHI

      Slama ini oli mah cocok2an aja. Tapi klo rekomen bisa pake SPX1 repsol aja dah cukup. Mau mahalan ambil Motul 5100 ester 10w-40 ^^

  17. busi yang pas buat NMP pakai apa ya? ada yg nganjurin pakai NGK CPR9-EA 9 untuk tarikan sangat respon,tp sy cari di daerah solo/surakarta kok blm menemukan ya?mohon pencerahan cr busi tersebut di area solo. mksh

Leave a reply to dhuarazor Cancel reply