Ente-ente yang kebetulan punya ato pernah mencoba New Megapro, ngerasa ga kalau nafas mesin motor streetfighter ini pendek-pendek banget? Emang sih, tarikan awalnya mantep dan enak buat diajak turing di jalan menanjak. Tapi kalo buat di perkotaan mah, kaki keburu capek karena terlalu sering gonta-ganti gigi akibat nafas mesinnya pendek banget.
Nah, gue sempet cari cara gimana manjangin nafas mesin sang NMP kesayangan. Setelah seminggu, Ane pun dapet jawabannya dari beberapa forum dan blog motor yang nyebutin penggantian mata gir. Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya gue meminang gir depan 15 mata keluaran TK (aslinya buat CBR 150 baru) dan rantai baru merk DID tipe 428H. Kenapa gue beli rantai lagi? Biar performa lebih nampol aja, dan rantai lama pun bisa disimpen kalo2 pengen dipake lagi π
Liat kan, tinggal PnP ajah π Owh, btw tentang harganya sebagai berikut:
1. Gear depan 15mata TK: Rp. 60rb
2. Rantai DID 128-428H: Rp. 120rb
3. Ongkos pasang: Rp. 25rb
Setelah terpasang, Ane langsung test dah tuh. Hasilnya positif, nafas mesin di tiap giginya makin kerasa panjang. Kalo pake ilustrasi perbandingan kecepatan yg didapet tiap 8000rpm, gampangnya kayak gini aja:
Standar (14-42) Rasio gear 3,00 VS Modified (15-42) Rasio gear 2,80 (Edited, thanks to Bro Andrew)
1st: 27kph VS 34kph
2nd: 40kph VS 50kph
3rd: 68kph VS 73kph
4th: 84kph VS 95kph
5th: 100kph VS 110kph
Nah, ngomongin top speed standar (118kph) udah bisa didapet pas masuk 8800rpm. Potensi penambahan top speednya masih ada sekitar 1000rpm lagi sampai mencapai batas limiter 10rb rpm. Lumayan kan tuh, tinggal mainin jeroan power aja (ganti cdi, knalpot freeflow, koil, busi, setting pj-mj karbu, dst) siapa tau bisa dapet 125kph di angka 10rb rpm π
Mas mau nanya bukannya klo gir depan atau belakang gede putaran torsi jadi tambah gede dan nafas tambah pendek ya ? Setahu saya lho… Thx U
Hampir bener Bro. Cara kerja gir motor itu ga beda ama gir sepeda. Besar gir depan dan blakang itu berbanding terbalik. Semakin besar gir depan / semakin kecil gir blakang, nafasnya makin panjang. Bgitu juga sebaliknya.
Oh Begitu baru tau ane, sekalian nanya neh Mas Bos, NMP ane udah pake CDI BRT, Knalpot Jethot a.k.a alias knalpot Freeflow, eh larinya mentok 100 Kpj, tp klo untuk tarikan enak sponty alias spontan banget, itu masalahnya dimana ya ? Setingankah, atau gearnya yang baru kita bahas itu, Trs yang kedua rencana mau pakai Koil Tirev tp kata org mending pakai Koil Scorpio yang bagus yang mana ya Mas Bos, Nah ini yang ketiga bisa nggak ya pakai Noken as Tiger 2006, Terima Tengkyu Masbro….
Kesimpulannya klo merubah gir rasio. Semakin besar nilai yang dihasilkan dari perbandingan final gir akan berdampak pada peningkatan akselerasi (tarikan motor menjadi ringan)tapi mengorbankan top speed contoh gear rasio NMP diganti 15-46 (3,07). Sebaliknya, semakin kecil hasil perbandingan final gear maka semakin meningkatkan top speed namun akan menurunkan akselerasi motor contoh 15-42 (2,8). Agan mo pilih yang mana ? trims
kalo motor cb150r saya bisa ngak diganti dgn gear cbr
Bisa, secara mesinnya sama…
Kalo ane saranin pake koil supra fit lawas, tenagangya lebih responsif
Klw buat riev ganti gir depan jd 15/43 mata nafas ny jd pnjang gk om krna yg mata 13/43 pndek nfs ny
Iya, Om. Tapi kejauhan kayaknya kalo gir depan naik 2 mata, takut akselerasinya keberatan.
motorku cb spek tiger strok up, noken dibuat lebih tinggi tonjokannya pakai gear depan 14 gear belakang 34 masih kegedean tenaganya dan pendek pendek , gigi lima masih terasa angkatanya (ratio masih pakai gl newtech) yang saya ingin tanyakan gear depan baiknya pakai berapa biar nafas panjang dan merk atau kepunyaaan apa mas ? makasih
Gear depan naik 1 mata aja, Om.
mas konsoltasi ya, motorku basik cb mesin tiger dengan noken as racing bak kanan dan rationya megapro, dulu pakai perbandingan gear depan 14 dan belakang 32 tenaga berlebihan sekarang pakai gear depan 16 dan belakang 32 apa sudah sesuai, belum saya coba karena masih di bengkel .. terikasih
Saya pribadi kurang paham kalo mesin udah ada ubahan, Om. Itungan rasio gear-nya sih menurut saya bakal berat bgt. Mungkin setting 15-40 bakal lebih pas.
Widih, jeroan mesin Ente malah lebih manteb dari Ane yg cuma ngandelin koil Tirev, XCS, n’ TDK Power π
Koil Tirev aja udah bagus koq, lumayan brasa di tarikan bawah. Mau aplikasi koil Scorpio jg boleh. Malah kta temen ane yg udah pake, tarikannya lebih manteb dari tirev.
Tapi aneh, koq cuma mentok 100 kph ya? Settingan PJ/MJ karbu ama CDI-nya udah bener blom tuh? Padahal NMP standar rata2 bisa 115 kph loh.
Sebelum isu yg diatas diperbincangkan, kesampingkan dlu ganti gir Bro…
Oh iya, yg trakhir tentang noken as tiger, Ane kurang tau juga. Mohon maap utk yg satu ini yah :p
Iya Mas Bos itu ane ganti2 yang prinsip simpel buat nambah power, sesuai saran para Master Suhu Otomatika kan limiter, pengapian, sama pembuangan, Kalau PJ/MJ sudah diset sesuai karakter knalpot, nah CDI ini yang ane gak tau settingnya, Busi sudah beli yang platinum tp blm dipasang hehehehe… belum sempet, Ok dah ane coba beli Koil scorpio tinggal PnP kan ya Mas Bos ? Thx U saran2nya Ya Mas Bos….
PNP pastinya…
Oke deh, Bro. Good luck sama motornya ye π
Jgn lupa klo masalah lari motornya udh kelar, ganti gir aja langsung. Bisa aplikasi gir punya cbr 150 15-44
Boleh di coba nih bro, ganti gear depan mata 15, tapi selama dah ganti ada minus gak bro?? mohon infonya, tq,
misal tanpa ganti rantai, secara nmp ane baru km 3000.
Hmm…minusnya mungkin akselerasi lebih berat klo lagi boncengin orang. Tapi selain itu ga ada kekurangan lagi koq. Justru Ane ngrasa power motor ama akselerasinya jadi berimbang, nafas mtor ga cpet abis dan ngurangin capek karna terlalu sering ganti gigi.
Klo ane saranin pke rantai baru aja, Bro. Coz rantai baru itu masih aman buat dipotong-potong, ga kyk yg udah nempel di gir :p
wah ternyata susah bgt bro nyari tuh gear, di sekitar jogja, dapet yang punya GL, 15T, tapi ternyata gak pas lubang tengahnya, huft… ada di dealer ahass harus inden, hargane 89rb. ..
untuk koil gemana mas bro?? apakah sudah ganti pake punya tirev..
Betul Bro…NMP Ane udah pake koil Tirev. Koq tau sih? Hehe…
wah, betul om duarazor.. di yogya gak ada yang 15T. seperti om drajat, gw juga beli yang 15T milik GL, eh, gak cocok.. payah deh… apa boleh minta tolong dibelikan trus dikirim ke yogya om? mungkin jika om drajat setuju, bisa sekalian 2 untuk gw n om drajat. gimana om drajat?? NMP gw belum ada 2000km nih..
om drajat, pls respond.. hp gw 0819 0379 6729.
gak jadi pesen om dhuarazor.. hehe.. tadi sore gw jalan-2, ternyata gir depan lobang tengahnya sama dengan GL Pro neotech. aslinya neotech sih memang 14, tapi variasinya ada yang mata 15. dan ternyata banyak toko yang jual. sayangnya kualitasnya kurang bagus, tidak seperti aslinya.
Merk girnya apa, Bro?
Klo ane sih dapetnya merk TK. Tadinya pengen ngambil SSS, tapi barang lagi kosong…
Kualitas sih lumayan bagus lah, ampe skrg blom ada gejala rantai gampang kendor π
merk lupa om… ada sih, tapi wadahnya sudah gw buang, dan girnya sudah ketutup. π sebenernya agak ilfil liat kualitasnya, tapi kata penjualnya banyak yang pake juga, terutama yang modif2 gitu. ngimpinya dapat gir yang hampir sama dengan aslinya kualitasnya, mahal dikit gak papa. lha ini harga cuma 18rb. mungkin ntar kalo nyaman2 saja, mau inden yang punya CBR saja deh biar lebih paten.
Ada mas bro, Merek TK yg 16 mata dan 17 mata di pollaris kebon jeruk III jakarta, saya pake gir depan 17 mata utk cb 100 k5
Wew, cuma 18rb? Menurut Ane sih agak meragukan kualitasnya. Tapi ya mudah2an ga knapa-napa deh mtor Ente π
betul mas toro, ane juga dapet punya neo tech, gear variasi, malah ane dapet dengan harga yang agak sangat meragukan, cuma 10rb, huft, di pasar klitikan mas bro, karena penasaran banget mau coba bedanya, terpaksa deh ane pasang, walaupun secara kwalitas sangat meragukan…
bener banget seh nafas jadi panjang, tapi ane coba cuma sekitar 1 minggu, copot lagi pake yang standar dulu, sambil cari yang punya cbr aja.. hehe
Cari merk indopart aja om mungkin disana ada
harganya juga murah cuma 35rb yang 15T
bro, motor gua cb. tapi dalemannya megapro racik tiger. nah gir depan sih pake aspira buat megapro ukuran 14. nah kalo mau pake mata 15 nya itu cocok atau gak lubangnya?
Selama gir 15mata itu memang diperuntukkan buat megapro dari sononya, lubangnya pasti cocok Bro…:)
ganti pakai punya cb150 street fire aja bro std nya 15t …sama persis lubangnya… coba cari di suma ato diler resmi honda aja…gak tau dah ready apa belum partnya
Bro, iti galah tuh gear rasio NMP 15-46 ? masa beda ma aslinya sih 14-42 tuh…hadeh laen kali klo share pake fakta donk bro. Aslimya NMP klo pake gear depan 15 mata, rasionya jd 15-42 (2,8) tolong di edit dah jgn sampe keliru. trims
Edited…thanks ya Bro Andrew, udah ngingetin. Maaf atas ketidaknyamanannya π
ane depan pkk 14 trus blakang gue rombak pkk gir 38 karbu pkk ninja ori dalemanya karbu pkk gL…mantep udah….sejajar sama 200 cc larinya…
jos
Salam kenal mas”bro
Ane mau tnya nich,motor ane megapro,ban uda ana rombak velg champ jari 2,5 ban 100-70-17 depan 3,5 120-70-17 corsa cuma tarikan pasti ada prubhan berat tarikan.
Ane pernah baca kalu mau bkin tarikan jadi enteng,naikin mata ger dri sntdar(14/46) jadi 14/48. Tau kalu susah cri mata 48 bisa bkin(13/46)cara itu bner g y bro??
Kalu mata depan pake punya tiger/revo bisa g ya,di megapro ane??
ane pernah tnya mata 48 carinya susuah bnget bro,kira”ada cara&solusi laen g y??bkin trikan jdi enteng stelah gnti velg&ban??
Mksih jwbanya bro
Slam kenal
Salam kenal juga, Masbro.
Buat alternatif ningkatin akselerasi, bisa aja ngakalin bagian pengapian sama kopling. Tapi kalo Masbro ga mau ngerubah di ke-2 sisi tsb, mau ga mau cari gir depan khusus megapro. Untuk megapro, bisa cari gir merk TK 13 mata buat cbr 150 ato megapro. Kisaran harga jakarta 60rb. Sayangnya, gir tiger ga cocok buat megapro.
saya mautanya : kalo minerva r150 pake gear ukuran berpa ya? terus kisaran harganya berapa ? terimakasih gan
Minerva R150 standar gearnya pake 15 buat depan, 38 buat belakang. Kisaran harganya ga jauh beda ama ORI Megapro, 230-250rb’an sepaket ama rantainya #CMIIW
kalo gear belakang cari yang lebih kecil pake punya apa ya?
soale baru selesai dibore up pake piston ukuran 64 larinya kayak minta presneling lage
q mau tanya gan….. NMP q kalau gigi 3 ke atas…enak banget tarikane. tp gigi 1 dan 2 nafas sangat pendek…baru 7000 rpm ja udah gak kuat. kira2 kenapa ya gan? setingan masih standar gak drubah apa2.
apa ganti gear depan bisa mengatasi itu ya?
Setelah 7000rpm udah ga kuat naik lagi? Kayaknya sih setting mesin masih kurang oke, Bro. Coba setel lagi kerenggangan klep, setting angin, bersihin karbu, sama pake oli yg bagusan.
Kalo jurus Ane sih, pake koil Tirev. Tarikan bawah ampe atas jadi lebih berisi. Setelah itu, baru ganti gear depan biar napas mesin lebih rileks (ga pendek2 kayak dulu).
Alhamdulillah NMP standar tingting ane bisa mentok di 122 kena limit, cuma main nalpot bikinan tetangga
spek.
velg chemco belakang 3,5 / 120/80 Depan 2,5 100/70
Oli pake shell Helix
nalpot bikinan tonggo dewe
mesin standar AHM
karbu Standar Ahm
maklum gak suka otak atik mesin biar awet hehehe
ada box tiap hari ada isinya sekitar 5 kilo
Wah gila NMP Bro sekalian kok kenceng2, NMP ane mendem banget, knalpot sudah jethot, CDI BRT, Gear depan udah ganti 15, mesin sudah diset juga, eh cm mentok cm 110 Kpj itu aja udah ngos2an kira2 salah dimananya ya ?
Masih salah setting di mesin dan karbu kayaknya tuh. Coba riset lagi, Bro.
anee punya megy 2005 paling mentok 105 kpj.. gear depan 14, belakang 46..
lemot amat…
klo ganti gear belakang punya NMP (42) cocok gak mas?? n kira2 dapat brpa top speednya?
Maksud ente, tarikan awalnya yg lemot? Coba ganti kampas kopling dulu, mungkin aja udah abis tuh.
bukan mas….. top speednya,,,,
Owh…maap2…Ane kurang nangkep :p
Tapi sebelum bisa ganti gear belakang, coba di-riset dulu motornya. Apa tarikan awalnya masih galak? Apa di gigi 5 putaran mesin masih bisa tembus limiter standar?
Kalo iya, berarti Meggy ente masih bisa ganti gir blakangnya dgn yg lebih kecil. Top speed, mungkin bisa naik 3-5kph aja. But again…turun gir dari 46 ke 42 mata itu terlalu besar dan beresiko membuat tarikan awal meggy ente sangat lemot.
halo semuanya, salamkenal,,,
mau nanya ni, ane punya NMP 2011 pengen di buat larinya biar kencang g5na caranya Y ?
saya sudah pake cdi brt power band dual band, trus kenalpot racing r9, tapi kok masih belum maksimal larinya,,, apa gara” pake karbu standar / busi standar ya?.
PJ+MJ nya pake punya motor apa yang langsung pnp ya, dan yang terakhir kalau pake busi iridium pake yang type’nya berapa,
trimakasih mohon pencerahannya bagi yang sudah mempunyai pengalaman lebih,
PJ+MJ nya pake punya motor apa yang langsung pnp untuk nmp, soalnya nyari yang after market hampir gak ada yang cocok untuk nmp x_x
please pencerahannya, tengkiyu
Ane sendiri blom pernah ganti2 PJ+MJ, Bro. Maklum…settingan ane yg biasa aja masih bisa buat tembus 121kph, n’ no problem ampe skrg.
Denger2 sih bisa pake PJ+MJ buat Tiger. Tapi coba browsing2 lagi, takutnya Ane salah :p
bos sorry nih ane mau tanya kalau nmp.gnti cdi ma karbu racing bklan ngrusak mesin gk bos.?terimakasih
Tergantung dari kecocokan part dan settingannya sih, Bro. Yaa…namanya juga modifikasi, umur mesin pasti lebih pendek dari biasanya.
salam kenal semuanya :D. hmm nmp ane juga gitu tuh lemott. ud ganti cdi shindigen (bener ga ya tulisannya :P) punya shogun kebo + Busi Iridium + Koil Tirev (uda di ground strap), olie pakai motul 10w40, ban depan 100/70/17, belakang 120/70/17 (mentok rantai+spakbor atas padahal shock da di ganti antingnya). knalpot sudah ganti pula dengan free flow merk R2 (mirip R9). tarikan awal sih mantap tp untuk top speed cuma 105kmh, salah dimana ya?
bisa kasih tau bengkel yang bagus untuk servis/setting karbu di sekitar cengkareng/bojong/kosambi atau daerah lain skitar jak pus+bar+utara? terima kasih
Bengkel banyumas di dekat mesjid astra sunter jak ut, tapi jika mau nyari gir depan Ada mas bro, Merek TK yg 16 mata dan 17 mata di pollaris kebon jeruk III jakarta, sharga 35RB. Saya pake gir depan 17 mata utk cb 100 k5
Bro, apa top speed & akselerasi NMP ane bertambah atau malah berkurang kalo gear depan & belakangnya diganti sama gear set CBR150 (15/44) atau GL pro Neo Tech (15/45)? Mhn info & masukannya bro. Tks.
Kalo pake gearset GLpro neotech (15/45), top speed n aksel bakal sama aja karena rasionya tetep 3.
Jadi mending ambil gearset CBR150 aja, klo bisa sih yg baru (15/43) biar lebih joss….
disini bro tempat nya… hehe
wew, lumayan signifikan ye mas bro π
btw mau tanya nih, ane mau ganti gear set pake merek sinn*b. apakah tetap bisa di modif jumlah mata rantainya? soalnya agak risih dengan gir ori yang berisik
dengan penambahan mata rantai depan, apakah pengaruh sama akselerasi motor? soalnya setahu ane kalo panjangin napas dengan settingan rantai itu mengorbankan akselerasi (CMIIW)
sekalian minta saran nih, ane mau dongkrak performa (akselerasi dan top speed) NMP ane, tapi gak mau bore up dan ganti knalpot. ada saran gak mas bro?? budget antara 500rb-1jt
tararengkiu dan salam kenal ya mas bro dhuarazor π
Klo rantai berisik sih relatif, Bro. Maksudnya ga selalu terjadi di semua motor kalo perawatannya bener. Klo ane sih, tiap sminggu skali stelah nyuci motor, rantai slalu disemprot chain lube dan sbulan skali bersihin gir depan-blakang pke carb cleaner ampe kinclong lagi. Dijamin rantai dan gir awet & ga brisik deh π
Naikin gir depan memang bener nurunin aksel. Makanya, ane aplikasiin koil tirev, per kopling tirev, XCS, dan 9power biar aksel kebantu dan top speed pun ikut nambah dikit. Smua itu ga sampe ngabisin 500rb koq. Trus buat ban jg ga gede2 amat, depan 90/80 & blakang 110/80 biar aksel ga ikut turun.
waduh, thanks berat infonya mas bro. jadi nambah pengetahuan nih π
selama ini ane gak pernah pake chain lube, paling oli doang pas tiap ganti oli bulanan,,hehehehe
btw tadi siang udah beli gear set merek sinn*b, dan ternyata gear depannya udah 15 mata, jadi gak perlu beli gear depan lagi π
belom sempet analisis detail karena sepanjang perjalanan macet (maklum jakarta,,hehehe). tapi nafas beneran nambah kira2 5-10km/h
oh iya lupa, ada satu pertanyaan lagi nih (jadi gak enak kebanyakan nanya,xixi)
karburator ane kayaknya ada masalah. dengan setelan gas normal gak bisa langsam, mati2 terus. kalo gas dinaekin dikit, pas abis geber rpm lama banget turunnye. udah gitu mesin jadi berisik banget.
udah bawa ke ahass, solusi dari mereka ganti karburator. karena katanya pentulan choke nya gak ada dan jebol (ane jg gak paham maksudnye, tapi emang motor ane tuas choke nya gak berfungsi semenjak beli) FYI, ane beli tuh motor second :D. ane minta akalin, doi kasih opsi pasang pentulan choke, tapi mereka gak berani janji masalah akan 100% selesai.
oh iya, skep, rantai keteng + tonjokannye udah ane ganti sebelumnya, tapi gak ngaruh karena mesin tetep berisik.
setelah ane pikir2 lebih aman emang ganti karbu, tapi harganya itu loh, 1,35jt.
yang ane pengen tanyain, adakah karburator yang lebih murah tapi kualitas gak kalah sama ori? apa keihin pe28 cocok buat di NMP??
jujur ane gak terlalu masalah kalo bensin jadi agak boros, yang penting suara motor alus dan larinya ngacir π
udah dulu ye curhatnye, ditunggu jawabannya mas bro, tararengkiu banyak π
Memang sih, perawatan rantai yg sering dilupain ama kbanyakan biker. Padahal rantai dan gir itu penting bgt buat transfer tenaga dari mesin ke roda. Klo transfer tenaga lancar, motor pun ngacir π
Utk masalah karbu, dulu ane juga pernah kena masalah yg gejalanya mirip2 kayak ente. Tapi sisi baiknya, choke masih berfungsi normal. Pernah motor susah langsam dan pas jalan knalpot nembak2 mulu. Ternyata posisi kabel choke di karbu berubah (yg harusnya ngadep ke depan mlah ngadep ke blakang). Tinggal pindahin posisi kabel ke depan lagi, masalah beres deh :p Kayaknya memang masalah utamanya ada di choke tuh. Coba aja setting2 lagi, moga2 karbunya sembuh π
Mesinnya seberapa berisik sih, Bro? Bukannya mesin NMP brisik udah wajar ya, soalnya oli NMP encer (10W-30 ato 10W-40).
Mas bro mohon info motor cb 150 r ane mau ganti ban depan 100/80 17 dan belakang 130/80 17 dgn ke dua duanya menggunkan velg standart , apakah harus ganti gear agar top speed dan akselarasi sama ? Mohon penyegarannya mas , terima kasih .
Klo mesinnya standar, kecilin gir depan jadi 14/45, bisa pake gir depan NMP koq π
Numpang tanya beli rantainya dtoko mana gan? Cikarang ada va,?
Di Immax Speedshop, Bro. Bonjer III, Jakarta. Juragannya buka lapak tuh di kaskus π
Mhn pencerahany om nmp ukrn ban dpn 90/80 blkg 120/70 velg standar pk wingrek pgn g lemot ptrn bwhny gear ukrn brp yh???
Pake gir blakangnya CBSF150 yang punya 45 mata bisa koq.
gir depan mata berapa om?
Kalo depannya 15 mata Bro
NMP ane standar, waktu ngetes di jalan soekarno hatta bandung jam 5 pagi dapat Top Speed 125 Kpj. gmn jdny klw dah di ganti cdi, gear dan knalpot freeflow ya??
Weh-weh, niat amat Bro ^^
motong berapa rantai bro?
Nih rantai DID aslinya 128 mata. Potong 2 mata jadi 126. Cuma Ane saranin potong 1-2 mata lagi, jadi pas dipasang, rantai masih bisa di-setel kekencengannya.
ass,,,, slam kenal
om ane mo tnny ne, ane pny megy taon 2002, ane pake gear 38 pny GL 100 tarikanny awal berat banget, apa terlalu kecil yach gear 38 wat megy, apa haruz maen kompresi jg ??
ane nyari gear depan 15 buat megy “2002” gda yg cocok susah amat yaa,
coba om klo ada info kabarin ……..
thankz
wss…
Waah…Kalo Megapro jadul Ane kurang ngerti Bro. Soalnya kendala part2 yang emang udah beda ama Megapro yang sekarang.
msalah.y megy “2002” ane top’seed.y cm nyampe 110 doank, ane mo tambah, mang klo part2 yg cocok wat megy ane agak susah ya om????
thanks!..
limiter new megapro karbu sm fi tinggi mana gan, ? nmp karbu setau ane 10000 rpm sdngkan fi 9500 rpm.
Nah itu tau, Bro ^^ hehe
(118kph) udah bisa didapet pas masuk 8800rpm. berarti new megapro dlm kondisi std trus d gas pol smpk 10000 rpm bisa tmbs smpek 130 kpj dong ? walau btuh trek panjang
Mungkin aja sih, Bro. Klo NMP Ane dgn keadaan yg sekarang sih baru dapet rekor 125kph di 9500rpm. Diatas itu ngga pernah dapet2 lagi -_-
Nmp standar ane mentok 125km/jam kondisi standar, cuma ban belakang pake ukuran 130/70. Dulu sewaktu pake 120/70 cuma mentok 122km/jam (@spidometer nmp dg ban depan 90/90).
Lari segitu di spidometer nmp termasuk kenceng, motor lain yg sama2 150cc pun kesulitan mengejar. Kecuali adu drag ya, dg ban termasuk ukuran besar, akselerasinya jadi ga segalak ban standarnya.
pagi om….gabung dong om….ane sayang banget ama nmp merah ane…cuman make busi cpr9 ngk..oli mpx1..bbm y premium aja topspeed mentok 118 kpj…pengin nambah topspeed GMN Y…udah mesen yg sss depan 14 mata dan blakang 41 mata…kira2 gmn om…tks om…
Met gabung, Bro π
Buat nambahin topspeed, gear blakang coba cari yg 40 mata deh biar berasa beda topspeed-nya. Sama oli coba ganti yg bagusan, minimal SPX1 10w-30 ato Motul Ester 10w-40 lebih bagus lagi.
Bro, ijin join dan nanya.. Kl cbr 150 fi di pakai gear set SSS 14/48 rantai gr428sb, apakah menaikkan top speed atau menaikkan akselerasi? Mohon pencerahannya. Thx
Jelas2 menaikkan akselerasi Bro. Rasio gear naik drastis dari yg standarnya 2,86 jadi 3,43
Pny gw girnya 14-39 bawaan TK satu set,ganti cdi brt,ganti karbu pe tembus 145kph lebih bro
ikut nimbrung mas boss, mendingan kita ikuti produk pabrik mas bos. Selain aman nyaman dan yang pasti awet mas bos, π Salam Mas Bos NMP Tangerang (Salam Satu Aspal)
Setuju Mas…
Produk pabrik awetnya emang juoss…
Assalamualaikum…. Selamat malam mas/om. Saya punya motor Megapro keluaran 2012 sudah agak lama sihπΉ. Semua masih standar, lari motornya hanya sampai 112km/h. Tips buat naikin kecepatan apa ya heheh. Selain ganti gir depan.
Aplikasiin filter udara Ferrox aja udah cukup.
Mau tanya bro, beli gear depan ukuran 15 terpisah dimana ya? Gua tanya dimana2 yang ada mah 1 set lengkap.
Trims
Di daerah Jakarta, cari aja di Bonjer 3. Tokonya Immax, buka lapak jg di kaskus. Buat NMP gampang, bisa pke punya GLpro neotech, CBR150 Thai, ato Cibi150.
kok bsa standar 125 km/jam ane za 123km/jm dah gk bsa naik gi pa da dirubah setinganna
Pas standar ting2 (blom ada ubahan apa2 dari pabrik) mah mentok2 cuma 120km/jam, itupun udh limit plus dibantu sedikit ama turunan jalan. Pas udh ganti macem2 (pake koil tirev, gir depan 15T, XCS, per kopling tirev, TDK power, n’ oli full-sintetik) baru dah bisa dapet 123-125km/jam.
yg dgnti cuma gir dpan 15T gl max cocok gak gan n brpa hrga punya gl pro neotech n cb150 thu
jd pngen rasakn sensasi nyaaa. …
Ga cocok pake GL Max Bro, dudukan girnya beda.
Klo harga gir depan 15T ORI CB150 skrg 89rb. Neotech kurang tau harganya skrg.
nmp kluaran pertma kok bsa tmbus diats 125km/jam gan apa beda spek cdi nya skrg 123km/jam dah kna limiter
Cuma beda 2km/jam ga masalah kali Bro, ga usah terlalu dibawa bingung :-p
ane kira cuma gnti gir15 doank klo gtu ya iya lah gan kirain signifikan x gnti gir 15 ke topspeed
brarti cuma bkin nafas pnjang doank
Motor ane npm tahun 2012 standard cuma ane copot filter karbunya ama ganti gear belakang jadi 39 tadinya 42 , top speed 139km
Mas klo boleh ane bisa beli gear 15 nya soal nya d tempat ane susah banget
Kalo sampe 118 ga usah ganti gear depan, main setelan klepnya aja, sudah terbukti nmp saya.
39 pke punya pa .
gear depan 17t buat GL di jogja ada yang jual ngak ya? thanks
Mas mas, mau tanya, gear depan mata 15 ada nggak yg untuk gl 100..???
Main2 aja ke Bonjer 3 ato otista di jakarta. Biasanya banyak yg jual disana.
kalau untuk gl max agar nafasnya panjang gmna mas?
Utk pertimbangan rasio aksel-to-speed, coba gir rasio 14/45.
ganti oli encer + knalpot free flow gampang buat top speed. yg lebih murah ganti gir depan 16 mata saja biar nafasnya panjang. tp akslerasi sedikit turun dr normalnya
Bro apa bisa ya gear depan megapro di lasang di gl pro
Mau tanya gan,,thunder 125 biar kuat nanjak girsetnya diganti ukuran berapa ya?
orinya 14/45
Naikin 2 mata aja gear belakangnya.
Bro mau nanya gl pro neotech gear depan di pasang punyanya megapro bisa nggak ya
Kayaknya ga bisa deh. Gear depan Neotech bisa dipasang di NMP, CB150, dan CBR150 aja.
Ane pake gear 15-42, ganti cdi brt, limiter 10500, ganti karbu, nyampek 140km/j om, tp sekarang kagak berani takut ketiup angin #jgn pernah nyoba pokoknya
bisa gak di motor macan 2000,
iseng nerapin dari blog tetangga,gear depan sama rantai megarpo primus 2007,gear belakang pakai gl 100,mata 38,potong rantai 4 mata,nafas panjang,mesin nggak mudah getar,mantep bung
Om cbr 150 saya pkk ban ukuran 150. Gir ukuran berapa yg cck biar akselerasinya gak buruk.
Coba pakai 14 depan 46 belakang.
Om mau nanya…ane pnya gl mau ganti gear…klo pake yg pnya megapro pas g om lobang bautny
GL Pro Neotech bukan?
Kalo iya, sayangnya gir depan ga bisa Om. Tapi gir belakang masih bisa saling subtitute.
ane mau tanya secara kemarin salah beli gear set, motor ane kan new megapro injeksi yg standar ukuran gear setnya 14 – 42, rantai 428 – 124.
yang ingin ane tanya: gear set yg ane beli ternyata punya primus dgn spek 14 – 46, rantai 428 -112. bisa dipakai kah di New megapro karena secara spek angkanya jauh beda? mohon pencerahannya…
thanks in advance